Info WawaiKesehatan

4 Tips Bagi Kalian yang Menjalani Diet KETO

×

4 Tips Bagi Kalian yang Menjalani Diet KETO

Sebarkan artikel ini
ilustrasi Menu Diet - foto net
ilustrasi Menu Diet - foto net

WAWAINEWS.ID – Tantangan ketika kalian melakukan diet keto seperti terkena konstipasi atau sembelit. Hal itu tentunya menjadi salah satu tantangan terbesar.

Asupan serat yang rendah ini dapat menyebabkan timbulnya sembelit. Diet ketogenik yang umumnya dikenal sebagai diet keto, merupakan rencana makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Hal itu bertujuan untuk mengalihkan metabolisme tubuh dari karbohidrat ke lemak untuk energi.

Nah, Menurut ahli diet Kejal Shah dalam Healthshots mereka yang mengurangi asupan karbohidrat secara drastis, biasanya menjadi 20-50 gram per hari.

Pada posisi tersebut dapat meningkatkan konsumsi lemak, tubuh memasuki keadaan metabolisme atau ketosis.

BACA JUGA :  Memasuki Musim Hujan, Ayo Kenali Alur Flu agar Tak Menyebar dalam Rumah

Menurut para ahli, diet keto dapat menimbulkan sembelit jika kamu abai dengan beberapa hal.

Mulai dari membiarkan dirimu dehidrasi, tidak mengonsumsi banyak serat, hingga mengonsumsi lemak tinggi.

Nah ini Cara mengatasi sembelit saat menjalani diet keto?

Ada beberapa cara agar kamu bisa mengatasi sembelit ketika menjalani diet keto. Adapun empat cara yang dapat membantu agar tidak mudah sembelit, yakni:

  • Perbanyak konsumsi serat
    Sertakan sayuran rendah karbohidrat seperti bayam, kembang kol, kacang arab, dan kacang hijau untuk meningkatkan asupan serat. Lihat makanan sehat lainnya yang dapat kamu makan saat menjalani diet keto.
  • Tetap Terhidrasi
    Minumlah banyak air, air lemon dengan garam merah muda, atau buttermilk untuk menjaga hidrasi dan menyeimbangkan elektrolit. Ini akan membantu kamu mengatasi sembelit.
  • Lemak sehat
    Gunakan minyak kelapa atau ghee untuk mendapatkan lemak sehat yang mendukung pencernaan. Kamu juga dapat mencoba memasukkan alpukat ke dalam rencana diet keto kamu.
  • Berolahraga Teratur
    Jalan-jalan setelah makan atau lakukan pose yoga untuk merangsang buang air besar. Lakukan olahraga rutin setiap hari dengan waktu minimal 30 menit per hari.
BACA JUGA :  Banyak Manfaat Apel Hijau bagi Kesehatan yang perlu Anda ketahui

Itulah empat cara mengatasi sembelit ketika sedang melakukan diet keto. Kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat seperti batasi gula, garam, lemak (GGL), dan juga cukup tidur.