Teknologi

Ingin Tahu WA Kamu di Blokir Orang Lain, Ini Tips Tanpa Harus Chat

×

Ingin Tahu WA Kamu di Blokir Orang Lain, Ini Tips Tanpa Harus Chat

Sebarkan artikel ini
Aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp

WAWAINEWS.ID – Ketika fitur blokir pada whatsApp digunakan mungkin orang yang diblokir mungkin tidak langsung mengetahui.

Nah, bagi kalian yang mungkin pernah merasa curiga telah diblokir oleh seseorang di ini cara mengetahuinya? Berikut ini cara paling ampuh mengetahui WA diblokir orang lain tanpa perlu chat.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Cara Mengetahui WA Diblokir oleh Seseorang

Dilansir dari situs resmi WhatsApp, ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang menunjukkan bahwa WA pengguna mungkin diblokir oleh seseorang.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan tanpa perlu chat.

  1. Cek Foto Profilnya
    Ketika diblokir oleh pengguna lain, maka kalian tidak akan bisa melihat foto profil orang tersebut. Profil orang tersebut akan terlihat tanpa foto. Tapi, ada beberapa kemungkinan jika foto profil seseorang tidak terlihat. Selain diblokir, bisa saja orang tersebut memang tidak memasang foto, atau mengatur privasi agar kontak tertentu tidak dapat melihat foto profilnya.
  2. Cek Status Online/Last Seen
    Orang yang diblokir tidak akan bisa melihat status ‘last seen’ atau ‘terakhir dilihat’ dan juga status ‘online’ orang lain jika diblokir. Namun, cara ini tidak bisa menjadi jaminan bahwa WA kita diblokir. Hal ini karena status online dan last seen bisa diatur agar tidak terlihat oleh pengguna lain.
  3. Tes Lakukan Panggilan
    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memastikan kita diblokir atau tidak adalah dengan melakukan panggilan. Jika kontak diblokir, maka pengguna tidak akan berhasil melakukan panggilan telepon ke nomor WA orang tersebut. Untuk memastikan hal tersebut, pengguna dapat melakukan panggilan menggunakan nomor orang lain. Jika nomor orang lain bisa terhubung, maka kemungkinan besar nomor diblokir.
  4. Cek Status WA-nya
    Memastikan pengguna diblokir atau tidak juga bisa dilakukan dengan mengecek status WA. Jika selama ini orang tersebut biasanya aktif membuat status dan kini tak lagi muncul, kemungkinan nomor kita diblokir. Namun, perlu digarisbawahi bahwa pengguna juga tidak bisa melihat status WA orang tersebut jika dia mengatur agar statusnya tidak bisa dilihat oleh kontak tertentu.
  5. Tambahkan ke Grup
    Cara paling ampuh yang bisa dilakukan untuk memastikan seseorang memblokir kita atau tidak adalah dengan menambahkannya ke grup. Kontak yang telah diblokir tida tidak akan bisa menambahkan orang tersebut ke dalam grup.
BACA JUGA :  Jabar Aplikasikan Layanan Publik Nyaman Melalui  Teknologi Blockchain

Jika kelima cara di atas telah diterapkan, namun detikers belum yakin, maka bisa memastikannya dengan chat ke nomor WA orang yang dicurigai memblokir. Jika telah diblokir, maka pesan yang dikirim hanya bertanda centang satu.

Cara Mengatasi WA Diblokir
Jika sudah memastikan nomor kalian diblokir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menghubungi orang tersebut.

  1. Hubungi Lewat Grup WA
    Meski nomor telah diblokir, kalian masih bisa menghubungi orang tersebut lewat grup WA. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan jika orang yang memblokir berada dalam grup yang sama dengan kalian.
  2. Ganti Nomor
    Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti nomor atau menggunakan nomor lain untuk menghubungi orang tersebut.
BACA JUGA :  Dikonfirmasi Program PTSL, Kades Tanjungharapan Malah Blokir Nomor WhatsApp Wartawan

Cara Blokir Kontak dan Membukanya
Setelah mengetahui cara mengetahui WA diblokir tanpa chat, perlu juga diketahui cara memblokir kontak dan membukanya kembali. Hal ini akan sangat berguna jika detikers merasa terganggu dan memutuskan untuk tidak berkomunikasi dengan seseorang melalui WA.

Berikut ini cara memblokir kontak dan membukanya kembali.

Cara Blokir Kontak
Ada dua cara memblokir kontak yang bisa lakukan:

  • Buka Aplikasi WhatsApp
    Pilih tombol titik tiga di pojok kanan atas
    Pilih ‘Settings’
    Pilih ‘Privacy’, lalu pilih ‘Blocked contacts’
    Klik tombol tambah di pojok kanan atas
    Pilih kontak yang ingin diblokir dan sebutkan alasan, lalu pilih Block***