Politik

Airin Resmi Diusung PDI Perjuangan untuk Pilgub Banten

×

Airin Resmi Diusung PDI Perjuangan untuk Pilgub Banten

Sebarkan artikel ini
irin Rachmi Diany resmi diusung PDI Perjuangan untuk maju Pilkada Gubernur Banten. Airin dipastikan berpasangan dengan Ade Sumardi
irin Rachmi Diany resmi diusung PDI Perjuangan untuk maju Pilkada Gubernur Banten. Airin dipastikan berpasangan dengan Ade Sumardi

JAKARTA – Airin Rachmi Diany mantan Wali Kota Tangerang Selatan resmi diusung PDI Perjuangan untuk maju Pilkada Gubernur Banten. Airin dipastikan berpasangan dengan Ade Sumardi

Bahkan Airin dengan mengenakan baju motif merah, hadir di acara penyerahan dukungan di kantor DPP PDIP pada Senin, 26 Agustus 2024.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Diketahui rekomendasi PDIP kepada Airin, secara resmi diserahkan oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Megawati Soekarnoputri, setelah dipastikan Golkar mencabut dukungan kepada Airin.

Untuk Pilgub Banten, Golkar telah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

PDIP hari ini mengumumkan calon gubernur dan wakil gubernur untuk enam provinsi, di antaranya Jawa Tengah, Banten, Nusa Tengara Timur, Gorontalo, Sumatera Barat, dan Kalimantan Utara.

BACA JUGA :  Masuk Daftar Bacaleg, Camat Sribhawono Ternyata Belum Mundur dari ASN

PDIP menyatakan dukungan kepada Airin setelah Putusan Mahkamah Konstitusi 20 Agustus lalu. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan keinginan untuk maju di Plgub Banten adalah kemauan Airin sendiri.

“Airin tetap ingin maju dengan pertimbangan aspirasi dari warga Banten,” kata Ahmad di ICE BSD, Ahad 25 Agustus 2024.

Airin maju dengan dukungan PDIP setelah partainya sendiri, Golkar, mencabut dukungan maju di Banten. Airin secara blak blakan mengungkapkan alasannya tetap maju di pemilihan gubernur Banten 2024 meski tidak didukung partainya.

“Dalam waktu dekat saya dan pak Ade akan mendaftar, tujuannya karena banyak harapan masyarakat yang disampaikan kepada saya selama dua tahun terakhir ini,” kata Airin usai deklarasi pasangan calon gubernur dari PDIP di ICE BSD, Minggu 25 Agustus 2024.

BACA JUGA :  Partai Demokrat Perjuangan, Mungkinkah?

Airin mengatakan, selama 2-3 tahun terakhir ini ia turun langsung ke masyarakat menyerap aspirasi langsung dari warga. Ia telah mendatangi lebih dari 1300 desa di Banten.” Banyak harapan dan pesan yang mereka sampaikan kepada saya, bagaimana potensi itu dilakukan,” kata Airin.

Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah memastikan DPP Golkar telah menarik dukungan untuk Airin dan rekomendasi partai ke Andra Soni yang juga diusung Koalisi Indonesia Maju.

“Airin tidak mendapat rekomendasi Golkar, dia maju sendiri atas izin DPP,” kata Tatu.

Partai Golkar bersama Koalisi Indonesia Maju mengusung calon dari partai Gerindra Andra Soni untuk Pilkada Banten.

Airin Diminta Tak Pakai Atribut Golkar

Politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia meminta bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany tidak menggunakan atribut Golkar selama berkontestasi pada Pilkada Banten 2024.

BACA JUGA :  Ini Nama 13 Bakal Calon Gubernur yang Diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2024

Atribut Golkar hanya bisa dipakai oleh pasangan calon yang diusung Golkar, yakni Andra Soni-Dimyati Natakusumah, sedangkan Airin diusung oleh PDI-P.

“Kami pertegas dalam internal kami adalah bahwa penggunaan semua materi kampanye, lambang Golkar, logo Golkar, dan segala macam itu harus dipergunakan untuk pasangan atau kader didukung secara formal,” kata Doli di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

Namun demikian dia mengaku sudah mengusulkan agar Airin tidak diberikan sanksi oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar atas keputusannya maju sebagai calon gubernur Banten lewat PDI-P.

Ia mengingatkan, maju sebagai calon kepala daerah adalah hak konstitusi warga negara selama memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.***