EkonomiInfo Wawai

DegKla Produk UMKM Khas Way Kanan Jadi Hidangan Istimewa di Raker Kemenprindag

×

DegKla Produk UMKM Khas Way Kanan Jadi Hidangan Istimewa di Raker Kemenprindag

Sebarkan artikel ini
Degkla foto dok kemendag

WAWAINEWS.ID – Produk UMKM bernama DegKla, salah satu produk asli dari pelosok Way Kanan, Lampung, menjadi hidangan pada rapat kerja kementerian perdagangan di Lampung pada 1-2 Maret 2023.

DegKla merupakan minuman olahan kelapa muda itu jadi perbincangan karena rasa dan bentuk yang unik, karena dikemas secara khusus untuk disuguhkan dengan buah kelapa muda.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Produk DegKla itu dibuat dari pelosok desa di Kabupaten Way Kanan, tepatnya di Desa Bumiharjo, Kecamatan Buaybahuga, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung.

Penguatan Sektor UMKM, Pemprov Lampung Fasilitasi Melalui KUR

Minuman olahan ini berbahan baku air kelapa murni dengan formula jeli yang dibuat secara khusus. Lalu dikemas dan bisa disuguhkan langsung bersama buah kelapa muda (degan).

BACA JUGA :  Mulai Tahun Depan Harga Minyakita Jadi Harga Rp15 Ribu

“Awalnya, DegKla ini kami buat dari kelapa gading dan sekarang sudah bisa digunakan dari semua jenis kelapa. Formula jelinya kami olah secara khusus sehingga menghasilkan jeli kelapa muda yang segar dan menyehatkan,” jelas Pemilik DegKla, Siti Masruroh dalam keterangan tertulis, Kamis (2/3/2023).

Garpu NasDem Gandeng PT. Pegadaian Lampung Majukan Pedagang dan UMKM di Tanggamus

Dikatakan Bunda Simas sapaan akrabnya bahwa produknya dikemas dalam wadah plastik agar mudah dibawa dan dapat melayani pelanggan serta konsumen dari berbagai daerah di Lampung.

Menurutnya, saat ini DegKla sudah menjadi jamuan kuliner yang ‘wajib’ disuguhkan kepada wisatawan maupun pejabat dari berbagai kementerian yang berkunjung dan mengadakan kegiatan di Lampung.