LampungLingkungan Hidup

Hama Lalat Serang Pemukiman Warga di Desa Gunung Sugih Besar, DLH Lampung Timur Beri Tanggapan Begini!

×

Hama Lalat Serang Pemukiman Warga di Desa Gunung Sugih Besar, DLH Lampung Timur Beri Tanggapan Begini!

Sebarkan artikel ini
Lalat yang meresahkan warga di Desa Gunung Sugih Besar, Kecamatan Sekampung Udik, warga menuding wabah itu akibat adanya kandang ayam di tengah pemukiman warga
Lalat yang meresahkan warga di Desa Gunung Sugih Besar, Kecamatan Sekampung Udik, warga menuding wabah itu akibat adanya kandang ayam di tengah pemukiman warga- foto dok Jali

“Saat kami turun dulu sebenarnya sudah selesai, saat itu tidak ditemukan apa apa. Perwakilan kecamatan hadir, dan mendatangi satu warga. Jadi sudah dua kali kami turun ke lokasi,”jelasnya mengatakan hasil telaah tinjauan lapangan sebelumnya terakhir Desember 2022.

Saat itu tim DLH Kabupaten Lampung Timur paparnya, turun ke rumah warga tiga hingga empat rumah yang berjarak 500 meter memang ditemukan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dikonfirmasi apakah penyebab hama lalat itu dari hasil telaah di lapangan disebabkan oleh kandang ayam yang ada di tengah pemukiman warga. Hotman mengakui indikasi itu ada tapi indikatornya nomor empat.

BACA JUGA :  Angkutan Barang Diimbau Tak Melintasi Jalur Mudik Lebaran 2022 di Lampung

Wabup Lampung Timur Ancam 8 Kades di Way Jepara yang Keluar Saat Musrenbang

“Berdasarkan kajian ilmiah penyebab utama wabah lalat di Desa Gunung Sugih Besar itu pertama disebabkan banyaknya populasikandang rumah di sekitar rumah warga seperti kandang kambing, sapi, Bebek ayam dan lainnya.

Kedua adalah Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) milik warga seperti septictank yang tidak tertutup. Ditambah adanya aliran air, sehingga hal itu sangat berisiko untuk lalat masih berkembang biak masih terbuka. Begitu pun tatakelola tempat pembuangan sampah.

Forum Kades Margatiga Minta Pelaksanaan Pilkades 2023, Wabup Lamtim Beri Penjelasan Begini

Sementara terakhir indikator akibat adanya kandang ayam petelur jadi bagian teakhir. Ada kandang tapi urutan kajian ilmiah, urutan keempat. Kandamg pribadi di sekitar rumah jadi penyebab utama.

BACA JUGA :  Orang Tua Korban di Way Sekampung Akui Sudah 10 Harian Anaknya Menghilang

Ini hasil lengkapnya.