Scroll untuk baca artikel
Nasional

Hoegeng Award 2022, Kapolri : Polisi Siap Dikritik Untuk Perbaikan Institusi

×

Hoegeng Award 2022, Kapolri : Polisi Siap Dikritik Untuk Perbaikan Institusi

Sebarkan artikel ini
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara Hoegeng Awards 2022, di Gedung Tribrata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).- foto ist

WAWAINEWS – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kritik masyarakat berguna agar institusi Polri terus melakukan perbaikan.

Hal itu disampaikan dalam acara Hoegeng Awards 2022 di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Jenderal Sigit, memastikan Polri berkomitmen membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan kritik.

Scroll untuk baca artikel

“Kami tentunya mencoba untuk memperbaiki diri, disitu lah kami membuka ruang untuk dikritik, sehingga kita tahu posisi kita di mana dan apa yang harus kita perbaiki,” kata Sigit.

Dikatakan bahwa kritik dan saran ataupun masukan dari masyarakat merupakan energi untuk Polri terus melakukan perbaikan. Mantan Kabareskrim Polri itu mengibaratkan kritik selayaknya obat berupa pil pahit yang harus ditelan.

Ia mengibaratkan kritik itu seperti pil dan itu pahit, tapi harus kita makan sehingga kemudian bisa menjadi sehat.

“Untuk membuat organisasi atau institusi ini menjadi baik, jadi dipercaya dan kemudian masyarakat bisa menerima dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh kepolisian,” ujar Sigit

Hoegeng Awards, Kapolri Sigit menegaskan bahwa sosok mantan Kapolri Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso harus dijadikan panutan dan teladan oleh seluruh personel kepolisian di Indonesia.

“Pak Hoegeng sebagai contoh teladan. Saya dan kita semua setuju bahwa Pak Hoegeng bagi kami adalah salah satu teladan, salah satu aset Polri yang kita miliki sampai saat ini, yang tentunya beliau sangat melegenda sebagai panutan, sebagai teladan di masanya,” ucapnya.

Menurut Sigit, apa yang telah dilakukan Jenderal Hoegeng harus dijadikan semangat bagi institusi Polri untuk terus berusaha menjadi seperti apa yang diharapkan oleh masyarakat.

“Menjadi pegangan bagi kita semua, menjadi arah bagi kita semua untuk menjadi institusi yang baik seperti yang diharapkan masyarakat, itu bisa terwujud,” tutur Sigit.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara Hoegeng Awards 2022, di Gedung Tribrata, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Jenderal Sigit menekankan Hoegeng Awards membuka mata seluruh pihak bahwa masih ada sosok polisi yang dinilai masyarakat layak untuk meneruskan semangat perjuangan dari Jenderal Hoegeng.

Pasalnya, ada 67 ribu polisi dinilai oleh masyarakat layak meraih penghargaan Hoegeng Awards.

“Sehingga kemudian, kita betul-betul bisa menjadi Polri yang menjadi harapan masyarakat, karena memang kita butuh support, kita butuh kritik, kita butuh pil pahit untuk menjadi lebih baik. Terima kasih dan selamat kepada rekan-rekan,” papar eks Kapolda Banten itu.

“Dan saya yakin akan tumbuh Hoegeng baru dan semangat keteladanan Hoegeng akan terus kita tanamkan di dalam sanubari dan itu menjadi semangat kami untuk terus menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Diketahui, dalam acara Hoegeng Awards 2022, penghargaan tersebut diraih oleh tiga sosok polisi teladan. Yakni;