Scroll untuk baca artikel
Wisata

Keindahan Ulu Belu, Pemandian Air Panas dan Danau Hijau

×

Keindahan Ulu Belu, Pemandian Air Panas dan Danau Hijau

Sebarkan artikel ini
salah satu destinasi wisata Pemandian Air Panas di Ulu Belu, yang wajib dikunjungi saat berada di Kabupaten Tanggamus, Lampung

WAWAINEWS – Berkunjung ke wilayah pesisir Tanggamus, Anda akan disajikan dengan pemandangan menakjubkan.

Tak hanya Gunung Tanggamus, Way Lalaan atau Batu Hiu yang terkenal di wilayah berjuluk Begawi Jejama.

Scroll untuk baca artikel

Banyak destinasi yang bisa dilihat di sana dan melegenda untuk jadi tempat destinasi wisata keluarga diakhir pekan.

Salah satunya seperti di Ulu Belu, yang berada dekat dengan perbatasan Lampung Barat, tepatnya di Way Hitam. Ulu Belu adalah pecahan dari Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus.

Saat ke Tanggamus, ada baiknya mampir ke Ulu Belu, lokasinya terusan dari Bendung Batu Tegi, di Pulau Panggung.

Anda akan melintasi jalan menanjak layaknya ke Puncak Pass di Jawa Barat. Jangan kaget karena di sana juga banyak warga suku Sunda ada di lokasi tersebut, selain penduduk asal Jawa, Semendo Sumsel, dan Lampung sendiri.

Sepanjang perjalanan anda akan mendapatkan suguhan panorama alam perbukitan dengan keasriannya khas. Kiri kanan sepanjang perbukitan perjalanan dipenuhi tanaman kopi, cuacanya pun sejuk layaknya di wilayah pegunungan.

Ulu Belu memiliki banyak pemandangan indah yang dapat dijadikan objek wisata. Mulai dari alam, destinasi budaya hingga pemandian air panas, air Terjun dan danau.

Ulu Belu memiliki jalur infrastruktur yang bagus karena ada PT PGE yang berada di puncak menambah keindahan untuk berswafoto.

Namun di antara yang menarik di Ulu Belu, kurang lengkap tanpa mengunjungi tempat pemandian air panas Pagar Alam, di Pekon Pagar Alam.

Di Pekon tersebut anda juga bisa mengunjungi Danau Hijau yang berada tepat di tepi jalan diujung pekon dengan panorama perbukitan.

Danau Hijau di Pekon Pagar Alam, tak jauh dari lokasi pemandian air panas
Danau Hijau di Pekon Pagar Alam, tak jauh dari lokasi pemandian air panas

Setiap libur akhir pekan dua tempat tersebut banyak dikunjungi wisatawan datang untuk menikmati sensasi air panas baik untuk terapi atau sekedar menikmati cuaca pegunungan yang dingin ditengah perkebunan kopi yang tumbuh subur di wilayah itu.

Namun, masih ada satu destinasi lagi di Pekon Ngarip, yakni Air Terjun Lembah Pelangi yang juga memiliki segala keindahan alam yang layak jadi destinasi wisata saat ke Ulu Belu. Tapi perjalanannya lebih jauh dan menantang.

Jangan lupa, saat kembali dari Ulu Belu, untuk membeli oleh-oleh Kopi yang memiliki citarasa khas sebagai penghasilan utama warga di wilayah Ulu Belu.(*)