Lingkungan Hidup

Kodim 0424 Tanggamus, Sosialisasikan Pengolahan Sampah Jadi BBM

×

Kodim 0424 Tanggamus, Sosialisasikan Pengolahan Sampah Jadi BBM

Sebarkan artikel ini

TANGGAMUS – Kodim 0424 Kabupaten  Tanggamus menggelar sosialisasi pengolahan sampah, menjadi bahan bakar padat dan cair. Hal tersebut dalam rangka pembinaan teritorial terpadu dalam mengurangi limbah plastik, dan menumbuhkan ekonomi masyarakat,  di GSG Islamic Center, Kota Agung, Rabu (30/10/19).

“Dalam hal ini saya bersama teman-teman yang memiliki ide dan pemikiran tentang pengolahan sampah yang diubah menjadi bahan bakar padat dan cair serta dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Dandim Anang Hasto Utomo.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dikatakan bahwa persoalan sampah merupakan masalah dunia, khususnya sampah plastik, dan Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua dunia setelah Tiongkok.

BACA JUGA :  Diterkam Buaya Nenek di Semaka, Luka Enam Gigitan

Untuk itu dia mengakui dalam sosialisasi tersebut mengajak  DHESTA” (Dipa Semesta Teja Bumi) yang menciptakan alat pengubah sampah menjadi bahan bakar padat dan cair.

Alat tersebut imbuhnya diciptakan oleh Bapak Ibnu Asngadi dan Bapak Ari Sutekno, yang diklaim bisa mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar seperti premium, solar, minyak tanah. Sementara untuk sampah organik dapat berubah menjadi ethanol.

Sosialisasi tersebut dihadiri langsung Bupati Tanggamus Dewi Handajani yang langsung mengapresiasi dengan mengatakan  kegiatan yang sangat luar biasa dalam penanganan limbah plastik dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Mendengarkan apa disampaikan oleh Dandim 0424/Tanggamus tadi, artinya ada upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam  penanganan dan pengolahan sampah sehingga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat secara berkelanjutan,” kata Bupati.

BACA JUGA :  Warga Pekon Rantau Tijang Diringkus Polisi Terkait Narkoba

Bupati mengajak untuk  mengurangi penggunaan plastik, agar menjadi gerakan yang membudaya, serta mampu mengolah limbah plastik menjadi bermanfaat.

“Kita harus mengurangi penggunaan sampah plastik. Kemudian yang selanjutnya adalah bagaimana upaya kita untuk mengolah sampah plastik yang ada, dalam fungsi yang berbeda,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan melihat peragaan pengolahan sampah menjadi bahan bakar minyak. Demonstrasi ini pun mendapat perhatian yang sangat antusias dari Bupati, Forkopimda serta jajaran OPD dan peserta sosialisasi yang hadir. (Sumantri)