Lampung

KPU Bandarlampung Gelar Peluncuran Tahapan Pilkada Serentak 2024, Ditandai dengan Maskot Kera Berbaju Adat

×

KPU Bandarlampung Gelar Peluncuran Tahapan Pilkada Serentak 2024, Ditandai dengan Maskot Kera Berbaju Adat

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat kegiatan peluncuran Tahapan Pilkada Serentak 2024 dan Maskot. Bandarlampung, Minggu (19/5/2024)
Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat kegiatan peluncuran Tahapan Pilkada Serentak 2024 dan Maskot. Bandarlampung, Minggu (19/5/2024) - foto doc ist

Dia menyesalkan kesembronoan KPU Bandarlampung yang tak lihat kiri-kanan lagi sampai ikon yang harus monyet berpakaian adat Lampung.

“Sudah dikonsultasikan dulu belum monyet dipakaikan pakaian adat Lampung?” katanya.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Menurutnya, monyet merupakan hewan yang menyerupai manusia dengan kerangka otot, jari-jari yang sama dengan manusia. “Tapi bagaimanapun itu adalah hewan, sehingga tidak bisa disama-samakan denga. masyarakar Lampung,” tegas aktivis ini.

Lebih lanjut, sosok yang dikenal kritis dan tidak berdiam diri ketika ada ketidakadilan ini mengatakan apapun alasan pembuatan maskot itu tidak ada asas kepantasan.

“Alasan bahwa kera atau monyet itu sudah mulai langka, tidak bisa dijadikan alasan pembenaran. Hewan itu juga bukan asli dari Lampung, maka tidak bisa dijadikan ikon”, ungkapnya.

BACA JUGA :  Perajin Batu Bata di Margatiga Lampung Timur, Berharap Perhatian

Menurut Gunawan Pharrikesit, laporan bermula dari kegiatan jalan sehat dalam rangka peluncuran maskot dan jingle lagu Pilwakot Bandarlampung 2024 di Tugu Adipura, Kota Bandarlampung, Minggu (19/5/2024).

“Akibatnya, masyarakat prihatin karena adanya pelecehan,” ujar Gunawan Pharrikesit. Hingga berita ini diturunkan, Panji yang dikenal dengan panggilan Panji Padang Ratu masih membuat laporan di Polda Lampung.***