Scroll untuk baca artikel
Lampung

Lebaran, 61 ribu Penumpang Melalui Bandara Radin Inten Lampung

×

Lebaran, 61 ribu Penumpang Melalui Bandara Radin Inten Lampung

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG — GM Bandara Radin Inten II Granito Wahyu Hindrawan dalam keterangannya, mengatakan pada musim mudik lebaran tahun ini mencatat lebih dari 61 ribu penumpang hingga Minggu 6 April malam.

Data terbaru dari posko terpadu menunjukkan realisasi penerbangan sebanyak 404 pergerakan pesawat Udara di Bandara radin Inten II dari awal dibukanya posko tanggal 21 maret hingga 06 April sore ini.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Puncak tertinggi sebelum Lebaran tercatat pada H-2 Tanggal 29 Maret 2025 dengan 41 pergerakan pesawat dan 5.288 pergerakan penumpang, untuk puncak tertinggi setelah lebaran kali ini terpantau ada pada H+3 tanggal 04 April lalu dengan 26 pergerakan pesawat dan 4.413 penumpang,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pengusaha Pemancingan di Sidomulyo, Kesulitan Mendapat Pasokan Ikan

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada musim mudik lebaran tahun lalu kenaikan jumlah penerbangan dan Penumpang rata-rata sekitar 1%.

“Namun jika dibandingkan dengan rata-rata harian pergerakan penerbangan normal pada moment lebaran kali ini jumlah pergerakan pesawat meningkat sejumlah 20% dan pergerakan penumpang mengalami peningkatan sebesar 16%,” tambah Granito.

Pada momen mudik lebaran ini jumlah extra flight mencapai 15 flight dengan dukungan dari maskapai Garuda Indonesia, Citilink serta air asia Indonesia.

“Tingkat keterisian penumpang pada periode mudik kali ini mencapai 83 % dengan On time Performance maskapai dikisaran 81%,” lanjutnya.

Bandara radin Inten II total menyiagakan 183 Personil untuk mendukung kelancaran pemudik yang akan menggunakan transportasi Udara untuk musim mudik lebaran kali ini.

BACA JUGA :  Ini, Penjelasan Terkait Penarikan Paksa OTK Masuk ke Pesawat Citilink

Jumlah tersebut masih bertambah dengan adanya penebalan personel yang dilakukan oleh TNI dan Polri dari sisi pengamanan Bandara.

Dengan peningkatan pelayanan seperti peniadaan pemeriksaan Keamanan Pertama dengan mengganti menjadi system HBSCP(Hold Baggage
Security Check Point) terbukti mampu mengurangi kepadatan penumpang pada area keberangkatan dan Reflow jalur keberangkatan penumpang untuk menambah jumlah tenant yang mampu memperbanyak ragam pilihan penumpang untuk berbelanja diharapkan dapat meningkatkan Customer experience penumpang dibandara Radin Inten II. ***