Zona Bekasi

Perumda Tirta Bhagasasi Sudah Layani 1,5 Juta Jiwa Warga Bekasi

×

Perumda Tirta Bhagasasi Sudah Layani 1,5 Juta Jiwa Warga Bekasi

Sebarkan artikel ini
160 Wartawan dari berbagai media online, cetak dan elektronik di Bekasi Raya mengikuti acara media gathering yang digelar Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi di Sukabumi, Rabu 13 Desember 2023
160 Wartawan dari berbagai media online, cetak dan elektronik di Bekasi Raya mengikuti acara media gathering yang digelar Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi di Sukabumi, Rabu 13 Desember 2023

WAWAINEWS.ID – Saat ini, jumlah pelanggan Perumda Tirta Bhagasasi mencapai sekitar 330.000 Sambungan Langganan (SL).

Data tersebut hingga 29 September 2023 lalu, saat Perusahaan ini, merayakan ulang tahun ke 42.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Sehingga jika dirata-ratakan satu SL, ada lima anggota keluarga, berarti sekitar 1,5 juta jiwa masyarakat Kota dan Kabupaten Bekasi, sudah terlayani air bersihnya oleh Tirta Bhagasasi.

Sebagaimana diketahui, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) adalah kewenangan pemerintah pusat, dan daerah.

BACA JUGA : Soal Pemisahan Aset Perumda Tirta Bhagasasi dan Tirta Patriot Masih Belum Pasti

BACA JUGA :  Soal Pemisahan Aset Perumda Tirta Bhagasasi dan Tirta Patriot Masih Belum Pasti

Tujuannya, untuk meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan Pembangunan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan.

Perumda Tirta Bhagasasi sebagai operator atau perpanjangan tangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi dalam melaksanakan SPAM, tentumemerlukan investasi yang besar dalam penyelenggaraannya.

Investasi itu, untuk membangun jaringan perpipaan, dan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP).

Guna membangun IPA dan jaringan perpipaan yang biayanya sangat besar, Pemerintah Daerah wajib mengalokasikan biaya dalam APBD sebagai Penyertaan Modal (PM) kepada Perumda Tirta Bhagasasi.

BACA JUGA : 160 Wartawan Bekasi ikut Media Gathering Perumda Tirta Bhagasasi

Namun, sebagaimana disampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, bahwa alokasi anggaran untuk Penyertaan Modal kepada Perumda Tirta Bhagasasi, sangat terbatas.

BACA JUGA :  40 Calon Pekerja Migran Indonesia Jadi Korban, PT RCK Jatimakmur Bekasi Gasak Uang Empat Milyar

Kemampuan keuangan daerah, sangat terbatas, sementara kebutuhan dan permintaan air bersih di masyarakat, sangat tinggi.

Guna membangun IPA dan jaringan perpipaan untuk mengakomodir pelayanan air bersih kepada masyarakat, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 122 tahun 2015 tentang ‘Sistem Penyediaan Air Minum’, dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 38 tahun 2018 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Swasta dalam penyediaan infrastruktur, Tirta Bhagasasi menjalin kerjasama dengan BUS atau pihak ketiga.

BACA JUGA : Pj Wali Kota Bekasi Pimpin Deklarasi Netralitas Pegawai Perumda Tirtapatriot

Untuk melayani air bersih bagi masyarakat Bekasi, Tirta Bhagasasi telah membuat Business Plan atau Perencanaan Bisnis tahun 2023 sampai 2027. Perencanaan Bisnis ini, sebagai acuan program kerja yang terencana sebagaimana diamanatkan undang-undang.