Persona

Profil Ela Siti Nuryamah Kelahiran Tasikmalaya Kini Jadi Calon Bupati Lampung Timur

×

Profil Ela Siti Nuryamah Kelahiran Tasikmalaya Kini Jadi Calon Bupati Lampung Timur

Sebarkan artikel ini
Ela Siti Nuryamah Calon Bupati Lampung Timur - foto net
Ela Siti Nuryamah Calon Bupati Lampung Timur - foto net

LAMPUNG TIMUR – Nama Siti Ela Nuryamah, resmi ditetapkan sebagai calon Bupati Lampung Timur dalam Pilkada serentak 2024. Ia berpasangan dengan Azwar Hadi yang saat ini sebagai Wakil Bupati Lampung Timur.

Pasangan Calon Ela-Azwar Hadi akan bertarung head to head dengan Dawam Rahardjo-Ketut Erawan yang sebelumnya sempat mendapat penolakan saat pendaftaran administrasi di KPU Lampung Timur.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Ela sapaan akrab Politisi PKB ini menjelang pendaftaran Pilkada 2024 resmi ditetapkan sebagai Ketua Partai Kebangkitan Bangsa. Ia secara tiba-tiba ditunjuk menggantikan Dawam Rahardjo sebagai Ketua PKB Lampung Timur.

Untuk diketahui bahwa Ela sebelum tercatat sebagai anggota DPR RI 2019-2024 pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Lampung Timur dari PKB.

BACA JUGA :  Vladimir Putin, Lahir dari Keluarga Sederhana hingga Jadi Presiden Rusia Paling Disegani

Sosoknya Ela Siti Nuryamah dikenal merupakan sahabat dari Ketua PKB Lampung, Chusnunia Chalim mantan Wakil Guubernur Lampung, juga Bupati Lampung Timur. Kearaban keduanya terlihat hingga jelang pendaftaran Pilkada Lampung Timur.

Namun demikian, nama Ela Nuryamah dulu sempat disebut terlibat dalam kasus mantan Bupati Lampung Tengah. Mustafa juga sebagai jebolan PMII sama dengan Ela.

Karier di politik Ela dimulai ketika masih mahasiswa. Ia aktif di Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Bandung. Dulunya ia adalah wartawan dan sempat bekerja untuk Bawaslu.

Pertemuannya dengan Nunik pun berawal dari organisasi ini, belakangan Siti Ela juga ikut andil mengantar Nunik menjadi Anggota DPR RI pada 2009.

Ia juga diangkat sebagai Tenaga Ahli Nunik di DPR RI, sejak itu Siti Ela juga mulai berkecimpung di PKB, partai yang sama tempat Nunik berkiprah.

BACA JUGA :  Sadan Sopian Ditunjuk Sekretaris PAC Partai Demokrat Jatisampurna

Hingga Ela pun terpilih sebagai Wakil Ketua DPRD Lampung Timur 2014-2019 dengan suara terbanyak dari semua Caleg internal PKB. Ketika itu, Nunik juga terpilih sebagai Bupati Lamtim, sebelum akhirnya menjadi Wagub Lampung.

Ketika Nunik terpilih sebagai Ketua PKB Lampung, Siti Ela diangkat sebagai Wakil ketua DPW PKB Lampung.

Pencalonanya sebagai Bupati Lampung Timur pun tak terlepas dari peran Nunik, terutama terkait beberapa rekomendasi partai politik pengusung, seperti pada pertama dari NasDem

Kekinian kampanye hitam mulai merebak menyebut bahwa Ela Siti Nuryamah bukan warga Lampung Timur, padahal sosok pernah menjadi Wakil Ketua I DPRD Lampung Timur, menjadi anggota DPR RI dari Dapil Lampung dan lainnya.

Ini Profil Siti Nuryamah dilansir dari berbagai sumber

  • Nama : Ela Siti Nuryamah, S.Sos.I. 
    Lahir : 3 Januari 1983)
    Status : politikus Indonesia 
    Jabatan : anggota DPR-RI periode 2019–2024.
    Mewakili daerah pemilihan Lampung II, yang meliputi Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Mesuji, dan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Ela merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa. Saat ini, ia duduk di Komisi XI.
BACA JUGA :  Ditinggal PKB, Dawam Diusung PDIP untuk Pilkada Lampung Timur?

Riwayat Pendidikan

  • SD Karikil I (1989–1995)
    MTs Asy-Syuhada, Tasikmalaya (1995–1999)
    MA Negeri Tasikmalaya (1999–2001)
    S-1 Komunikasi Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (2001–2007)

Riwayat Organisasi

  • Anggota Koalisi Perempuan Indonesia (2002–sekarang)
    Ketua I Kaderisasi Korps PMII Puteri (2008–2010)
    Ketua V Ekonomi PMII (2010–2012)
    Anggota Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup PP Fatayat NU (2015–2020)[3]
    Wakil Bendahara Umum DPP PKB (2019–2024)[4]
    Wakil Ketua DPW PKB Lampung (2021–2026)[5]

Karier

  • Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lampung Timur (2014–2019)
    Anggota DPR-RI (2019–sekarang)