Pertanian

Realisasi Program Serasi di Desa Pulau Tengah Capai 80 Persen

×

Realisasi Program Serasi di Desa Pulau Tengah Capai 80 Persen

Sebarkan artikel ini

LAMSEL – Realisasi program selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi ) di Desa Pulau tengah, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, oleh gabungan kelompok tani (gapoktan) Binasari telah mencapai 80 persen, Minggu (24/11/2019).

“Petani yang tergabung di Gapoktan, Binasari ada 13 kelompok. Program Serasi meliputi, saluran folder, 3100, tersier 1000 dan Kulter 4000,”ungkap Muhtadi, Ketua gapoktan Binasari.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dikatakan Ketinggian folder yang dilaksanakan mencapai 1 meter, tersier 60 CM dan  Gorong-gorong  8 titik dan Rumah mesin ada 4 unit. Garapan tersebut diatas Hamparan 190 hektar yang ada di desa Pulau Tengah.

Menurutnya, saat ini masih ada titik yang harus di perbaiki. program  serasi ini bisa menanggulangi banjir di musim hujan. Pasalnya wilayah setempat dalam setahun bisa tiga kali mengalami musim banjir.

BACA JUGA :  Diduga Kurang 'Ngopi' Camat ARA Sebut Aparatur Desa Boleh Jadi Ketua Gapoktan?

“Jika hujan ada sekira 250 hektar lahan yang terendam. Dengan adanya galian saluran air, kami bisa mempercepat musim tanam,”tandasnya.

Untuk pembenahan tanah, memakai  pupuk pomi. Anggaran pupuk pomi 1 liter Rp73.000 cair, padat Rp92.000 dengan kebutuhan untuk satun hektar mencapai 8 liter.

Pelaksanaan program Serasi sendiri dilaksanakan petani setempat yang kerja 40 sampai 60 orang.  (Endri/Saman)