Nasional

Resmi, Ini Jumlah Dapil Seluruh Wilayah Indonesia Pada Pemilu 2024

×

Resmi, Ini Jumlah Dapil Seluruh Wilayah Indonesia Pada Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Pemilu 2024
Pemilu 2024

WAWAINEWS.ID – KPU RI resmi telah menetapkan jumlah daerah pemilihan serta jumlah kursi DPR RI. Termasuk di wilayah Lampung terjadi perubahan jumlah Dapil yang mengacu pada perubahan jumlah penduduk.

Daftar lengkap dapil dan jumlah kursi Pemilu 2024 juga terkait adanya pemekaran wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat, Pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Sebelum pemekaran hanya ada 2 dapil di Tanah Papua, meliputi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Kemudian setelah pemekaran ada tambahan 4 provinsi/dapil baru, yakni Papua Selatan, Papua tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

BACA JUGA :  45 Bacaleg NasDem Tanggamus Serbu RSJ Lampung untuk Peroleh Keterangan 'Waras'

UIN Raden Intan Lampung Satu Perguruan Tinggi Keagamaan Terbaik Versi Webometrics

Dengan demikian, saat ini terdapat 6 provinsi/dapil di Tanah Cendrawasih. Jumlah dapil di Indonesia pun bertambah dari 80 menjadi 84 dapil, dan kursi DPR bertambah dari 575 menjadi 580 kursi untuk periode 2024-2029.

Daerah Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah dapil terbanyak pada Pemilu 2024, yakni masing-masing 11 dapil. Dikuti Jawa Tengah sebanyak 10 Dapil.

Ada pula 4 provinsi yang masing-masingnya memiliki 3 dapil, kemudian 9 provinsi memiliki 2 dapil, dan 22 provinsi lainnya hanya punya 1 dapil.

KPU Resmi Tetapkan Partai Ummat Jadi Peserta Pemilu 2024

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal penyetujuan dalam rapat kerja Komisi II dengan Mendagri, KPU, Bawaslu, DKPP di Gedung Nusantara, Jakarta, Senin ini (6/2/2023), merupakan lanjutan dari pertemuan konsinyering beberapa hari yang lalu.