Hukum & Kriminal

Terungkap Fakta Baru Dalam Persidangan Pembunuhan Pemilik Konter di Taggamus

×

Terungkap Fakta Baru Dalam Persidangan Pembunuhan Pemilik Konter di Taggamus

Sebarkan artikel ini
Polisi melakukan identifikasi di Dusun Pagar Jarak, Pekon Tiuh Memon, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Senin (12/7/2021) sidang kasus pembunuhan dede Cell telah mendengarkan pengakuan terdakwa - foto dok

Begitupun untuk bukti CCTV menurut Endy, hingga saat ini meski telah diminta untuk di putar dari receiver CCTV asli, tapi sampai sekarang tidak juga diputar. Dan yang dipakai oleh penyidik selama ini adalah video dari isi CCTV, dimana CCTV yang sedang berjalan dibuat video menggunakan HP.

“Itu lah dasar mereka mencari pelaku yang berdasarkan keterangan saksi yang mengarah ke Syahrial Aswad,” Kata Endy.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Padahal tegasnya menurut aturan, CCTV dapat dijadikan alat bukti dalam tindak pidana harus memenuhi syarat formil dan materilnya, harus dilakukan pengujian di laboratorium forensik.

BACA JUGA :  Orok Tewas Penuh Luka Tusukan Gegerkan Warga Batu Ampar

“Jadi harus di uji terlebih dahulu dan ada keterangan ahli. Tetapi,  ahli terkait CCTV ini tidak ada atau tidak di hadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum, ” Papar Endy.

“Seharusnya dihadirkan karena Syahrial Aswad ini dituduh sebagai pelaku berdasarkan CCTV tersebut, dan kita minta di putar kemarin, JPU beralasan mereka tidak mempunyai alat untuk memutarnya,” jelas Endy.

Terkait bukti DNA, penasehat hukum Akhmad Hendra S.H., menjelaskan bahwa Ahli forensik mengatakan tidak ada sama sekali dari tubuh korban yang di ambil terkait kuku, rambut dan lain-lain.

“Jadi DNA khusus untuk Bakas Maulana Alias Alan ini patut dipertanyakan terkait kukunya, jadi kapan kuku itu diambil, sedangkan dokter Jim sendiri mengatakan tidak ada sampel yang diambil dari tubuh korban,” Tandasnya. (Lip7/R24/SMN)