Advertorial

Wakil Bupati Lampung Timur Pimpin Rakor Inflasi

×

Wakil Bupati Lampung Timur Pimpin Rakor Inflasi

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi pimpin rapat koordinasi inflasi dan sosialisasi tata cara perhitungan inflasi serta rilis berita resmi Statistik, di Aula Utama Setdakab Lamtim, Kamis 1 Ferbruari 2024.

LAMPUNG TIMUR – Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi pimpin rapat koordinasi inflasi dan sosialisasi tata cara perhitungan inflasi serta rilis berita resmi Statistik, di Aula Utama Setdakab Lamtim, Kamis 1 Ferbruari 2024.

Acara tersebut di hadiri, Wakil Bupati Lamtim Azwar Hadi, Asisten II Hanafi, Kepala Statistik Lamtim Maryono, Kepala OPD, Dandim Lamitm, Polres Lamitm.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Azwar Hadi menyampaikan, osu nasional terkait inflasi terus digiatkan, serta menjadi pantauan Pemerintah Pusat, dibawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri, yang dilakukan dalam setiap minggu melalui zoom meeting.

Ia meminta seluruh OPD dapat mengikuti, serta melakukan tindak lanjut hasil zoom meeting tersebut. Dalam hal pengendalian inflasi daerah,

BACA JUGA :  Kebiasaan Buruk, Warga Batanghari Lampung Timur Masih Cuci Jeroan Hewan Kurban di Aliran Irigasi

“Agar ada sinergitas dari masing-masing OPD untuk selalu mengantisipasi, terjadinya lonjakan harga bahan pokok dan penting, seperti harga bawang, cabe dan beras, telur serta bahan penting lainnya, yang menjadi pemicu terjadinya inflasi.”ucap Azwar Hadi

Pada Tahun 2019 sampai dengan 2023, Kabupaten Lampung Timur merupakan daerah non Indek Harga (IHK), Dalam mengetahui dan memprediksi inflasi, dilihat dari pemantauan harga pasar, oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kemudian tahun 2024 ini, sesuai yang telah disampaikan oleh BPS, bahwa pada tahun 2022 dilakukan Survei Biaya Hidup (SBH).

Berdasarkan hasil SBH ini, Lampung Timur ditetapkan sebagai Daerah IHK. Selanjutnya, atas dasar penghitungan dan rilis yang dilakukan oleh BPS, akan diketahui tingkat inflasi yang terjadi di Lampung Timur.

BACA JUGA :  Lampung Timur Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Apkasi, Ini Harapan Bupati Dawam

TPID, terutama OPD terkait, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ketahanan Pangan, TPH dan Perkebunan, Dinas Perhubungan, serta Kominfo bersama dengan Bulog, agar melakukan Langkah-langkah konkret, bila terpantau terjadi lonjakan inflasi yang tinggi, dengan melaksanakan program-program strategis dan tepat, untuk pengendalian inflasi daerah. (JALI) ***