Nasional

AHY Ingatkan Jajarannya di ATR/BPN Tentang Ingtegritas, Tak Jujur Pasti Ditindak Tegas

×

AHY Ingatkan Jajarannya di ATR/BPN Tentang Ingtegritas, Tak Jujur Pasti Ditindak Tegas

Sebarkan artikel ini
Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Menteri ATR/BPN
Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Menteri ATR/BPN

YOGYAKARTA – Jajaran di Kementerian ATR/BPN baik di pusat dan daerah diingatkan untuk menjaga integritas dalam melaksanakan tugas terutama terkait penyelesaian sengketa lahan di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan memastikan apabila ada laporan pegawai ATR/BPN yang tidak menjalankan tugas dengan jujur, maka langsung ditindak tegas.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Jika antara petugas atau internal BPN yang punya masalah, maka pasti dilakukan penertiban, di disiplinkan, ada aturan yang harus kita tegakkan secara tegas,”ungkap AHY sapaan akrab Menteri ATR/BPN saat menghadiri acara fun run di STPN Yogyakarta, Minggu (1/9/2024).

BACA JUGA :  Lawan Mafia Tanah, Serikat Petani Lampung Bakal Geruduk Kementerian ATR/BPN

Begitu pun sebaliknya, papar AHY, jika ada pegawai yang tidak punya niat buruk, namun menjadi korban karena dampak regulasi yang tumpang-tindih. Dia memastikan pegawai ATR/BPN yang menjadi korban itu akan dibela secara penuh.

Menurutnya, ada petugas ATR/BPN yang bukan karena mereka punya niat buruk, tetapi karena ada regulasi yang tumpang tindih. Pasalnya jelas dia, di daerah juga seringkali ada perbedaan persepsi dan definisi antara APH dan lainnya. Sehingga justru pegawai ATR/BPN bisa menjadi korban.

“Contoh seperti itu tentunya harus dibela dengan sungguh-sungguh karena tidak boleh ada yang menjadi korban karena simpang siurnya regulasi,”papar dia

AHY dalam kesempatan itu, menegaskan pentingnya penerapan zona integritas di seluruh lingkungan Kementerian ATR/BPN.

BACA JUGA :  Kecam Penangkapan Wilson, Ini Mandat Penting Sekjend PPWI

DIa mengingatkan bahwa zona integritas bukan sekadar jargon atau formalitas, tetapi menjadi landasan yang harus dipegang teguh dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

“Zona integritas harus kita ikhtiarkan dengan sungguh-sungguh. Ini bukan sekadar jargon atau formalitas, tetapi landasan yang kokoh untuk pelaksanaan tugas dan pengabdian kita di mana pun berada, baik di pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota,” tegasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (30/8).

AHY menekankan zona integritas berlaku menyeluruh tanpa membedakan satuan kerja.

“Kita semua terikat dalam komitmen yang sama. Zona integritas berlaku dari atas ke bawah dan juga secara horizontal. Ini yang harus menjadi komitmen kita semua,” ujarnya.