Lampung

Akhir Tahun, Arinal Klaim Pertumbuhan Ekonomi Lampung Membaik

×

Akhir Tahun, Arinal Klaim Pertumbuhan Ekonomi Lampung Membaik

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG – Dari beberapa Indikator Makro Pembangunan Provinsi Lampung yang dirilis oleh BPS Provinsi Lampung selama tahun 2019, menunjukkan capaian yang baik. Salah satunya pertumbuhan ekonomi. 

Di tengah pemulihan ekonomi global, perekonomian Lampung sepanjang tahun 2019 dapat tumbuh cukup tinggi. Salah satunya sektor Industri Pengolahan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung kumulatif hingga Triwulan III-2019 (Trw I-III 2019 terhadap Trw I-III 2018) adalah sebesar 5,33%, lebih tinggi dari capaian regional Sumatera yang mencapai 4,55%, serta lebih tinggi dari capaian Nasional yang mencapai 5,04% pada periode yang sama.

Sedangkan secara struktur, perekonomian Lampung masih didominasi 3 Sektor Utama yang pencapaiannya pada Triwulan III-2019 yaitu (1) Pertanian, Kehutanan, Perikanan 29,80% ; (2) Industri Pengolahan 20,39%; serta (3) Perdagangan dan Reparasi Kendaraan 11,55%.

“Kami terus berkomitmen mewujudkan penerbangan internasional dengan menjadikan Bandara Raden Intan II sebagai Bandara Internasional,”ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam refelksi akhir tahunnya Senin (23/12/2019) lalu.

BACA JUGA :  Arinal Klaim Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Lampung Menurun

Dia menyebut langkah awal memajukan bandara Raden Inten II dilakukan dengan melaunching umroh perdana yang langsung berangkat dari lampung menuju jeddah.

“Saya juga mengupayakan agar terdapat jalur kereta api yang menghubungkan bandar lampung- bandara Raden Intan II. Selain itu akan dibangun long cut dari tegineneng ke tarahan hingga Bakauheni,” jelasnya.

Lebih dari itu, Arinal menjelaskan bahwa Pembangunan wilayah harus mengedepankan pendekatan lingkungan dan penataan ruang yang dapat mengakomodir pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dengan prinsip pelestarian lingkungan hidup.

Upaya yang telah dilakukan Pemprov Lampung diantaranya Pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah yang ramah lingkungan (PLTSa Provinsi Lampung) pertama di Indonesia, Memantapkan upaya-upaya pelestarian lingkungan hutan untuk mencegah illegal logging dan illegal mining, dan Program Lampung Bersih Pantai.

BACA JUGA :  Lampung, Berlakukan Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19

Sejalan dengan prioritas Pemerintah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, berbagai program dan kegiatan juga telah dilakukan antara lain Launching Program Smart School, Lounching Program Lampung Mengaji, Pelatihan dan uji kompetensi bagi tenaga kerja.

Pada kesempatan itu, selain merefleksikan apa yang telah dicapai selama tahun 2019, juga akan kita lihat outlook pada tahun 2020.

Berdasarkan kajian Bank Indonesia, beberapa faktor global masih menjadi tantangan perekonomian kedepan seperti ketidakpastian tinggi akibat konflik perdagangan dan perlambatan ekonomi global, meskipun demikian Ekonomi Indonesia dan Ekonomi Lampung pada khususnya masih memberikan prospek yang cukup baik.

Bank Indonesia memproyeksi Pertumbuhan Ekonomi Lampung tahun 2020 sebesar 5,2-5,6 %. Sejalan dengan itu, asumsi dalam APBD 2020, target pertumbuhan ekonomi Lampung Tahun 2020 sebesar 5,4-5,7 %. Selain itu, target IPM Lampung meningkat dari Kategori Sedang menjadi Kategori Tinggi (70-80) yaitu sebesar 70,23, dan Persentase penduduk miskin sebesar 11,10 persen.

BACA JUGA :  Kasihan, Tangan Sebelah Kiri Pelajar SD Lampura Matirasa Usai Vaksin DT

Untuk mencapai Target Pembangunan tersebut, telah disusun Program dan Kegiatan Tahun 2020 dalam kerangka implementasi 33 agenda kerja utama, diantaranya, Implementasi Program Kartu Petani Berjaya, dan Program Nelayan Berjaya.

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin (PEMM), Program Smart Village, Program Desa Berjaya, Pengembangan Destinasi Wisata Unggulan, Desa Wisata, Agro Wisata/Eco Wisata, Lampung Kaya Festival serta Kawasan Wisata Terintegrasi di Wilayah Bakauheni yang bekerjasama dengan PT. ASDP, PT. HK dan ITDC.

Pembangunan Beberapa Proyek Strategis Nasional di Provinsi Lampung, Persiapan/perencanaan proyek strategis. (Kandar)