PolitikZona Bekasi

Bang Choi Resmi Dicopot sebagai Ketua Dewan Kota Bekasi

×

Bang Choi Resmi Dicopot sebagai Ketua Dewan Kota Bekasi

Sebarkan artikel ini
Chairuman J Putro atau bang Choi, Ketua DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS- foto Fb pribadi

WAWAINEWS  – DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mencopot Chairuman J Putro sebagai Ketua DPRD Kota Bekasi, Jawa Barat.

Rekomendasi pergantian antar waktu (PAW) Bang Choi sapaan akrab Chairuman J Putro itu pun telah diterima DPRD Kota Bekasi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Saat ini DPRD Kota Bekasi telah melakukan pembahasan melalui rapat kerja tingkat Bamus dengan menetapkan jadwal paripurna terkait surat rekomendasi PAW dari DPP PKS melalui DPD PKS Kota Patriot.

Pencopotan tersebut setelah mencuatnya aliran dana Wali Kota non-Aktif Rahmat Effendi kepada Ketua DPRD Kota Bekasi sebesar Rp200 juta.

“Tadi sudah dibahas dalam agenda kerja, pertama persiapan menyambut HUT Kota Bekasi ke-25, kedua menyikapi surat dari DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tentang pergantian ketua dewan dari yang lama ke baru,”ungkap Anim Imamuddin, Wakil Ketua I DPRD Kota Bekasi, Selasa (1/3/2022).

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kota Bekasi Hadiri Undangan Pembahasan Hasil Pemeriksaaan BPK dan Seminar Nasional

Pergantian Antar Waktu (PAW) Chairuman J Putro sebagai Ketua DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 tersebut telah diagendakan dalam rapat paripurna pada 7 Maret 2022 mendatang.

Hasil paripurna tersebut jelas Anim akan diserahkan ke Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto agar diusulkan ke Gubernur Jawa Barat.

Ditegaskan bahwa usulan pergantian Ketua DPRD Kota Bekasi datang langsung dari DPP PKS melalui DPD PKS Kota Bekasi. DPRD Kota Bekasi sifatnya hanya memfasilitasi agar sesuai prosedur aturan berlaku.

“Mekanismenya melalui paripurna, kita sudah jadwalkan 7 Maret 2022. Siapa penggantinya itu internal PKS. Hasil paripurna akan diserahkan ke Plt Wali Kota Bekasi sekarang, untuk diteruskan ke Gubernur Jabar,”jelasnya.

BACA JUGA :  Viral Pegawai di Depok Bongkar Kebobrokan Pemerintah, Mahasiswa: Jangan Sampai Terjadi di Kota Bekasi

Dikonfirmasi berapa lama waktu proses PAW Ketua DPRD Kota Bekasi, Anim hanya menjawab tergantung dari Gubernur Jabar. Pasalnya lanjut dia, persoalan PAW itu sendiri bukan masalah setuju atau tidak, mempercepat atau memperlambat.

“Pimpinan dewan itu kan sudah ditentukan aturannya partai pemenang dengan perolehan suara terbanyak otomatis duduk sebagai ketua. Kami ini hanya memfasilitasi, keputusan siapa yang menggantikan posisi ketua sekarang itu internal PKS,” tutup Politisi PDI Perjuangan ini.