LampungPolitik

Dawam-Ketut Erawan Daftar Pilkada Lampung Timur Malam Ini

×

Dawam-Ketut Erawan Daftar Pilkada Lampung Timur Malam Ini

Sebarkan artikel ini
Ketut Erawan saat menerima rekomendasi DPP PDIP secara simbolis di kantor DPD PDIP Lampung Rabu 4 September 2024- foto doc ist
Ketut Erawan saat menerima rekomendasi DPP PDIP secara simbolis di kantor DPD PDIP Lampung Rabu 4 September 2024- foto doc ist

LAMPUNG TIMUR – Bupati Dawam Rahardjo, dipastikan diusung oleh PDIP untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung Timur 2024. Dawam-Ketut Erawan akan melawan Ela-Azwar Hadi.

Kepastian tersebut dipastikan Politisi juga kader senior PDI Perjuangan Lampung Ketut Erawan yang juga dipercaya sebagai bakal calon Wakil Bupati Lampung Timur pendamping petahan Dawam Rahardjo.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Diketahui, sebelumnya PDIP telah resmi mendukung pasangan Ela Siti Nuryamah – Azwar Hadi. Namun Berdasarkan potongan surat B1KWK yang beredar PDI Perjuangan akan mendukung Dawam – Ketut Erawan.

Nama Paslon Dawam-Ketut tertera dalam B Persetujuan Parpol KWK yang ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Sekretaris Jendral Hasto Kristiyanto tertanggal 3 September 2024.

BACA JUGA :  Geger, satu unit motor dibacok oleh OTK di lahan ex TDA

Direncakanan, formulir B Persetujuan Parpol tersebut, akan diserahkan hari ini di Kantor DPD PDIP Lampung, Rabu (4/9/2024).

“Malam ini, kami akan mendaftar di KPU Lampung Timur sesuai dukungan yang diberikan DPP PDI Perjuangan untuk Paslon Dawam-Ketut Erawan,”tegas Politisi PDIP ini kepada Wawai News pagi tadi.

PDI Perjuangan cabut dukungan untuk Ela-Azwar di Pilkada Lampung Timur dan mendukung pasangan Dawam-Ketut Erawan dibenarkan pengurus Provinsi dan Korwil PDIP Lampung Timur Hermanus Suprapto dengan menyebut hari ini dukungan resmi diserahkan secara simbolis.

Akan Patahkan Politik Dinasti

Setelah PDIP resmi mendukungan pencalonan petahan Dawam Rahardjo banyak spekulasi muncul untuk Pilkada Lampung Timur. Dawam diyakini akan terpilih lagi dan mematahkan politik dinasti Nunik di Lampung Timur.

Diketahui Dawam Rahardjo Bupati Lampung Timur, langkahnya untuk kembali mencalonkan diri di Pilkada 2024 telah diamputasi oleh partai tempatnya bernaung yakni PKB.

BACA JUGA :  Dianggap 'Mandul' Puluhan Massa Aksi Protes Kinerja Inspektorat Tanggamus

Kepemimpinannya dijegal dan diganti Ela tanpa sebab meskipun saat Pemilu Legislatif lalu ia sukses membawa partai itu menang dengan perolehan kursi terbanyak.

Hingga pendaftaran Pemilukada pada 29 Agustus berakhir Pilkada Lampung Timur hanya satu Paslon. Namun, peluang berkata lain, pendaftaran diperpanjang dimana sebelumnya PDIP telah resmi mengusung pasangan Ela-Azwar Hadi, tapi berkat perjuangan dan desakan dari bawah sepertinya PDIP mendengar aspirasi rakyat.

Dawam Unggul di Survey

Diketahui berdasarkan survey posisi 8 calon Bupati di pilkada Lampung Timur 2024 pada Juli lalu, Dawam Rahardjo menempati posisi teratas sebagai calon Bupati Lampung Timur dengan 40,7 persen, disusul Zaiful Bokhari 22,3 persen, Azwar Hadi 7,3 persen.

Kemudian, Noverisman Subing 6,1 persen dan Ahmad Giri Akbar 3,9 persen. Lalu ada Garinza Reza Pahlevi 2,3 persen, Ella Siti Nuryamah 2,3 persen, Wahyudi 1,1 persen.

BACA JUGA :  Tahun 2023 Ini Pemkab Lampung Timur Tetapkan 15 Desa jadi Lokus Stunting

Tak hanya itu di Survey Deni JA pun disebutkan bahwa jika dua calon yang akan maju pada Pilkada Lampung Timur yakni Dawam Rahardjo dan Ella Nuryamah, pemilih sebanyak 61,1 persen memilih Dawam Rahardjo, 11,4 persen memilih Ella Siti Nuryamah dan 27 persen masih rahasia.

Dalam Pilkada serentak 2024, dua kader PKB yang masih menjabat sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah di Lampung didepak oleh Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia. Kedua kader PKB yang didepak yaitu, Bupati Lampung Timur M. Dawam Raharjo dan Wakil Bupati Lampung Tengah. Keduanya kini diketahui diusung oleh PDI-P.