Pertanian

Kemarau, Petani Batanghari Antusias Pindahkan Sebaran Padi

×

Kemarau, Petani Batanghari Antusias Pindahkan Sebaran Padi

Sebarkan artikel ini

LAMTIM – Kalangan petani di wilayah Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, tetap antusias menanam sebaran padi (Nandur) meski kekeringan terjadi di sejumlah wilayah Lampung akibat kemarau panjang.

Petani di wilayah Batanghari tetap antusias membajak garapan sawah dan memindah sebaran padi yang telah disemai sebelumnya. Mereka terbantu dengan irigasi yang melintas di wilayah setempat.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Petani di Batanghari optimis   menanam padi. Harapannya diakhir bulan Oktober semua petani selesai menanam padi dan bisa turun hujan,”ungkap Pum, salah seorang petani ke Wawai News, Jumat (11/10/2019).

Dikatakan Pum, petani di Batanghari diuntungkan karena lokasi sawah berada di pinggir irigasi sepanjang Batanghari. Karena kebetulan tahun ini gilirn wilayah Batanghari yang mendapatkan giliran.

BACA JUGA :  Pemkab Lampung Tengah Dukung Petani Budidaya Wijen

“Irigasi tersebut sistemny giliran, tahun ini alirannya ke Batanghari. Di Kecamatan waybungur pun sudah selesai menanam,”tukasnya.

Maryono petani lainnya di jumpai mengaku memanen kacang tanah lebih cepat karena air sudah  masuk ke sawah dari irigasi sehungga panen kacang tidak maksimal.

“Sekarang sudah masuk giliran Batanghari dialiri air dari irigasi yang hulunya ada di Tegineneng tersebut,”ujarnya mengaku jika tak di panen kacang akan busuk (whd)