Lingkungan Hidup

Populasi Lutung Jawa di Bekasi, Diperkira Tersisa Hanya 55 Ekor

×

Populasi Lutung Jawa di Bekasi, Diperkira Tersisa Hanya 55 Ekor

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Bekasi H. Akhmad Marjuki memantau habitat Lutung Jawa di Muaragembong Kabupaten Bekasi. Lutung Jawa termasuk hewan langka yang terancam punah di lokasi konservasi kawasan Mangrove Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Mitra News)

WAWAINEWS – Polpulasi Lutung Jawa terancam punah, di Desa Pantai Bahagia. Hal tersebut akibat terjadinya penyusutan lahan pohon mangrove di  Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengancam perkembangan Habitat hewan primata tersebut.

Diketahui mangrove adalah salah satu sumber makanan dan habitat mereka Lutung Jawa yang terus mengalami penyusutan. Diperkirakan saat ini hanya tersisa 55 ekor.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Idealnya sekelompok kecil hewan itu membutuhkan 12 hektare lahan untuk mereka bertahan hidup, karena satu kelompok kecil Lutung Jawa terdiri atas tujuh sampai sepuluh ekor.” kata Rino Effendi, anggota Dit Pol Airud Polda Metro Jaya dilansir dari Mitranews, Selasa (14/12/2021)

BACA JUGA :  Pemprov Lampung akan Prioritaskan Penanaman Mangrove

Dikatakan bahwa pohon mangrove saat ini tidak cukup banyak untuk Lutung Jawa tinggal, karena selalu ada pembukaan lahan tambak. Menurutnya luas lahan pohon mangrove yang menjadi habitat 100 Lutung Jawa saat ini hanya tersisa 14 hektare dari kondisi semula sebanyak 40 hektare.

“Dulu sekitar tahun 1980 an, Lutung Jawa mudah ditemui di Kampung Muara Bendera ini,” ungkapnya.

Namun sejak lahan pohon Mangrove menyusut, keberadaannya menjadi langka dan hampir punah. Selain habitat berkurang, populasi Lutung Jawa ikut terancam akibat perburuan yang semakin masif.