Uncategorized

Rotasi Diujung Masa Jabatan, SP3 Sebut Ugal-ugalan dan Pertanyakan Tujuan Bupati Tanggamus

×

Rotasi Diujung Masa Jabatan, SP3 Sebut Ugal-ugalan dan Pertanyakan Tujuan Bupati Tanggamus

Sebarkan artikel ini
Utak-atik jabatan diujung masa jabatan Bupati Tanggamus dengan melantik 41 pejabat struktural di lingkungan Pemkab, pada Jumat 1 September 2023 - foto dok
Utak-atik jabatan diujung masa jabatan Bupati Tanggamus dengan melantik 41 pejabat struktural di lingkungan Pemkab, pada Jumat 1 September 2023 foto dok

WAWAINEWS.ID – Jelang berakhirnya masa tugas yang tinggal hitungan hari, Bupati Tanggamus gencar melakukan perombakan pada sejumlah pejabat eselon di lingkungan pemerintahannya. Rotasi mutasi gencar dilakukan sejak awal September lalu.

Bahkan pada Jumat 15 September 2023 kemarin kembali melakukan pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan empat administrator. Pelantikan dilakukan dengan mencicil sejak awal September 2023 jelang masa purnabhakti yang selesai pada 20 September 2023 ini.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Pasalnya sehari sebelumnya, pada 14 September 2023 Bupati Dewi Handajani telah melantik pejabat Eselon II untuk jabatan tinggi pratama. Kemarin giliran tiga Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan empat administrator, kini kembali merombak jabatan eselon III atau administrator.

BACA JUGA :  Banyak Intensif Nunggak Bayar, Mahasiswa Sebut Pemkab Tanggamus Gagal Sejahterakan Rakyat

BACA JUGA : Jelang Akhir Jabatan Bupati Tanggamus Gencar Lakukan Mutasi, Pengamat Terkesan Kejar Deadline

Total pejabat yang dilantik ada lima orang yang merupakan pejabat eselon III a dan III b. Namun pelantikan dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis di ruang rapat utama Setdakab Tanggamus, pada Jumat 15 September 2023.

Pada awal September lalu tepatnya pada Jumat (1/09/2023), Bupati Dewi Handajani merombak 41 pejabat struktural eselon III dan IV, mulai dari administrator, pengawas, camat hingga Direktur RSUD Batin Mangunang Kotaagung.

“Benar-benar deh, sarat kepentingan jelang berakhir masa jabatan. Kami menyebut mutasi dan rotasi menjelang purnabhakti Bupati Tanggamus bentuk ugal-ugalan. Itu memang hak Bupati Tanggamus melakukan, tapi tentu jadi pertanyaan kenapa begitu banyak diakhir masa jabatan, untuk apa?,”tanya Supriyan Ketua SPE 3 meminta penjelasan, Sabtu 16 September 2023.

BACA JUGA :  Pemkot Bekasi, Beri Jaminan Ibu Melahirkan Gratis

BACA JUGA : 41 Pejabat Struktural Dilantik, Utak-atik Pejabat Diujung Masa Jabatan Bupati Tanggamus

Dia pun mempertanyakan peran DPRD Kabupaten Tanggamus melihat kondisi menjelang akhir masa jabatan Bupati terkesan melakukan pembiaran tidak mempertanyakan tujuan tersebut.

Menurutnya harus Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus memanggil BKD dan mempertanyakan proses rotasi dan mutasi tersebut yang terkesan ugal-ugalan diujung masa jabatan.

Diketahui bahwa pelantikan dilaksanakan oleh Sekda Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis mewakili Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani. Dalam sambutannya Sekda mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya.

“Sumpah jabatan ini diyakini sebagai janji kepada Allah SWT. Artinya ucapan itu tidak hanya sebatas simbolik dan ritual belaka saat pelantikan. Lebih dari itu sumpah memiliki makna yang sangat dalam, pertanggungjawabannya tidak hanya kepada manusia tetapi kepada Allah SWT,”kata sekda.

BACA JUGA :  Realisasi Target PAD Tanggamus 2019, Capai 95,53 Persen

BACA JUGA : Bupati Tanggamus Masuk Daftar Bacaleg PDIP dari Dapil 1

” Saya berpesan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, agar segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik-baiknya, serta menjunjung tinggi disiplin dan profesionalisme selalu berpedoman pada Peraturan Perundang-Undangan,”imbuh Hamid Heriansyah Lubis

Berikut kelima pejabat administrator eselon III a dan III b yang dilantik.