Zona Bekasi

W4C Hibahkan Perahu Pembersih Sampah Tenaga Listrik

×

W4C Hibahkan Perahu Pembersih Sampah Tenaga Listrik

Sebarkan artikel ini

BEKASI – Waste4change (W4C) kembali menghibahkan tiga unit perahu pengangkut sampah tenaga listrik, pembersih sampah kepada Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pemberian tersebut merupakan amanah dari Greencycle salah satu perusahaan berpusat di Jerman.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Waste4Change sebagai perusahaan swasta pengelolaan sampah siap bekerjasama dan membantu pemerintah,” ungkap  Direktur Utama, Mohamad Bijaksana Junerosano, usai penyerahan secara simbolis, oleh kepada Wali Kota Bekasi, Selasa (23/2/2021).

W4C ungkanya, siap berinvestasi kendaraan pengangkutan dan fasilitas pengolahan sampah utk mendukung tercapainya 100 persen pelayanan sesuai Jakstranas (Kebijakan Strategi Nasional) Persampahan.

Untuk dermaga sendiri jelasnya, terletak di Perumahan Delta Pekayon, RW07 Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, dan akan dibangun secara permanen. Untuk tahap pembersihan W4C akan mendampingi pasukan katak dari Dinas Lingkungan Hidup setempat selama satu tahun, hingga mampu mengoperasikan dan merawat perahu secara maksimal.

BACA JUGA :  Kinerja KPA Kota Bekasi Tak Optimal, Ketua BEM MIKAR: "Mati Segan Hidup Tak Mau"

Diketahui juga, perahu pembersih sampah mampu mengangkut sebanyak 300 kilogram sampah tiap satu ritase. Apabila satu hari bisa dua ritase, artinya bisa mengangkut sampah sebanyak tiga ton bila dijumlah tiga unit perahu setiap harinya.

“Kita utamakan pelatihan pengoperasian perahu dan pembangunan dermaga, insya Allah tahun depan sudah bisa serah terima secara maksimal,” tukas Sano.

Rahmat Effendi menyampaikan, bahwa kita patut bersyukur setelah banyak persoalan yang ada, kita bisa terus bangun komunikasi.

“Alhamdulillah kita menerima 3 unit perahu dari Waste4change, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat dan mempermudah DLH Kota Bekasi dalam membersihkan sampah di kali bekasi,” tuturnya pada sambutan.

Dikatakan, perahu ini bisa bekerja secara sistem operasional mengendalikan sampah. “Kenapa mengendalikan sampah,” tanya Pepen, sapaan akrabnya, seraya mengatakan, karena kita belum bisa tuntas menghilangkan sampah di kali bekasi.

BACA JUGA :  Forum Pencinta Nabi di Bekasi, Kecam Sukmawati dan Muafiq

Karena seperti diketahui, menurutnya untuk pembersihan sampah di kali bekasi yang berlokasi di Kota Bekasi saja sudah pasti bisa kita bersihkan. Namun sampah dari hulu yang terus berdatangan sulit kita bendung.

Selain itu, Pepen juga mengucapkan terimakasih kepada Kalbe Farma atas pemberian obat dan vitamin sebanyak 2200 paket, senilai Rp79 Juta.