Wisata

Menparekraf Pastikan Pengembangan Destinasi Super Prioritas pada 2021

×

Menparekraf Pastikan Pengembangan Destinasi Super Prioritas pada 2021

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan pengembangan lima destinasi super prioritas pariwisata.

Sandiaga Uno menggelar rapat perdana dengan kepala dinas pariwisata provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Dalam rapat ini, Sandi menyampaikan sejumlah pesan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Salah satunya soal calender of event kalender kegiatan wisata yang harus ada di lima destinasi super prioritas. Kelima destinasi itu yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Jadi harus memiliki calender of event yang terjadwal sangat rinci di setiap destinasi,” kata Sandi dalam rapat virtual pada Sabtu, 26 Desember 2020.

BACA JUGA :  Poltekpar Makassar Gandeng Breda University Tingkatkan Kompetensi SDM Pariwisata

Menurut Sandi, Jokowi mencontohkan pengalamannya saat menjadi Wali Kota Solo di Jawa Tengah. Di sana, Jokowi benyebut ada 60 kegiatan yang tercantum dalam 1 tahun kalender.

Selain itu, kata Sandi, Jokowi juga berpesan soal aspek kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi wisata. Upaya ini sebenarnya sudah dilakukan kementerian dengan penyedian sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) gratis.

Lalu, pesan terakhir dari Jokowi yaitu soal ekonomi kreatif agar bisa menjadi sumber penciptaan lapangan kerja. “Terutama untuk sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan ekonomi,” kata dia.

(Kamelia)