Hiburan & Seni

Pernikahan Arwah Tak Sekedar Film Horor, Berkisah Tradisi Budaya Tionghoa

×

Pernikahan Arwah Tak Sekedar Film Horor, Berkisah Tradisi Budaya Tionghoa

Sebarkan artikel ini
pernikahan Arwah
pernikahan Arwah

WAWAINEWS.ID – Karya perdana film horor berjudul Pernikahan Arwah (The Butterfly House) yang dipersembahkan Entekeley Media Indonesia (EMI) bersama Relate Films mengisahkan tradisi unik dalam budaya tionghoa.

Film yang disutradarai oleh Paul Agusta ini menawarkan lebih dari sekadar adegan menyeramkan, namun juga mengangkat sebuah tradisi yang jarang tersentuh, yaitu pernikahan arwah.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Membawa sesuatu yang baru dunia perfilman Indonesia, Pernikahan Arwah menggali unsur tradisi Tionghoa yang mungkin asing bagi sebagian besar penonton.

“Film ini membawa elemen horor yang tidak hanya berfokus pada ketegangan, tetapi juga tentang budaya peranakan Tionghoa, terutama ritual pernikahan arwah,” ungkap Paul Agusta, sang sutradara.

Meskipun bergenre horor, namun film ini Morgan Oey yang berperan sebagai Salim mengatakan Pernikahan Arwah (The Butterfly House) tidak seperti film horor pada umumnya.

BACA JUGA :  Sultan Andara Diduga Terlibat Pencucian Uang, Begini Penjelasannya

Hal ini juga yang menjadi alasan utama ia memutuskan untuk ambil peran dalam karya ini.

demikian disampaikan pada saat Konferensi pers film Pernikahan Arwah (The Butterfly House) yang diselenggarakan pada Selasa, 8 Oktober 2024 di Jakarta.

Hadi dalam jumpa pers tersebut Patricia Gunadi selaku Direktur Utama EMI, produser Perlita Desiani, sutradara Paul Agusta, penulis skenario Aldo Swastia, dan jajaran pemeran, termasuk Morgan Oey, Jourdy Pranata, dan Brigitta Cynthia.

“Jarang banget ada film horor yang mengangkat tradisi budaya Tionghoa. Saya sendiri jarang ambil film horor karena rata-rata menjual jumpscare, tapi film ini berbeda. Yang bikin spesial adalah tradisi budayanya tentang pernikahan arwah,” ujar Morgan.

Meskipun menggabungkan elemen-elemen budaya, kesan horor dari film tidak berkurang. Malah kata Paul ternyata hal tersebut bisa meningkatkan potensi teror yang sangat besar.

BACA JUGA :  #KembaliKeBioskop, Nonton Bareng Film "Tjoet Nja' Dhien"

“Peranakan dari budaya Tionghoa memiliki banyak aspek untuk dieksplor. Ada banyak tradisi-tradisinya. Dengan menggunakan elemen-elemen seperti lilin, altar, dupa, elemen-elemen visual itu bisa menaikkan suhu horor,” ungkapnya.

Syuting di Lasem

Kental dengan tradisi Tionghoa, alur cerita film ‘Pernikahan Arwah’ ini juga berusaha untuk memberikan atmosfer yang autentik.

Proses syuting yang berlangsung selama 18 hari itu, tidak hanya bertempat di Jakarta, namun juga dilakukan di Lasem, Jawa Tengah, sebuah kota yang terkenal dengan sejarah dan budaya peranakan Tionghoa.

Dikatakan bahwa lokasi syuting sangat membantu dalam membangun nuansa mistis dan historis yang kuat.

“Lasem itu setiap sudutnya punya cerita, rumah yang dipakai juga punya ceritanya tersendiri. Bahkan semenjak (kami) menginjakkan kaki di rumah itu, sejarah dan kisah-kisah rumah itu terasa,” ucap Paul.

BACA JUGA :  Tampilkan Karakter Ikonik Kekinian, Film Horor Pulau Hantu Tampil versi Terbaru

Produser film, Perlita Desiani menambahkan bahwa pemilihan Lasem sebagai lokasi syuting karena kota tersebut masih mempertahankan sejarah dan budaya Tionghoa-nya.

“Lasem dipilih karena punya banyak sejarah yang masih dipertahankan sampai saat ini. Lasem itu daerah yang tua, masih banyak banget bangunan-bangunan yang dipertahankan,” ucap Desi.

Pernikahan Arwah (The Butterfly House) yang direncakanan akan tayang di bioskop pada 2025, berkisah tentang sepasang calon pengantin, Salim (Morgan Oey) dan Tasya (Zulfa Maharani), yang tanpa sengaja terlibat dalam ritual pernikahan arwah leluhur Salim.

Sinopsis

Pernikahan Arwah bercerita tentang sepasang calon suami istri, Salim (Morgan Oey) dan Tasya (Zulfa Maharani), yang memutuskan untuk memindahkan proses foto pre-wedding mereka ke rumah keluarga Salim.