LampungPertanian

Irigasi PTS di Desa Trimulyo Mampu Aliri 167 Hektar Lahan

×

Irigasi PTS di Desa Trimulyo Mampu Aliri 167 Hektar Lahan

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meresmikan Irigasi Pompa Tenaga Surya (PTS) di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Selasa (6/10/2020).

Irigasi Pompa Tenaga Surya ini merupakan bantuan CSR PT. Bukit Asam (BA) Tbk bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung. Ini merupakan dukungan PT. BA terhadap pertanian di Provinsi Lampung, fungsinya guna mengairi lahan sawah dan pertanian warga Desa Trimulyo.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Mentan Syahrul mengapresiasi kehadiran Irigasi Pompa Tenaga Surya sebagai dukungan terhadap pembangunan di sektor pertanian.

Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai tenaga listrik pompa irigasi ini jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang biasa digunakan warga sebelumnya.

BACA JUGA :  Sekretaris Inpektorat Tanggamus Kembali Umbar Janji Terkait Laporan PLTS, Kali Ini Pertaruhkan Jabatan

Petani biasanya mengandalkan pompa diesel untuk tanaman cabe pada musim kemarau. Sementara untuk penghujan petani akan memanfaatkan lahan untuk ditanami padi.

PLTS yang terpasang memiliki daya sebesar 38,5 kiloWatt yang dioperasikan melalui rumah control panel seluas 4×4 meter persegi dan terdiri dari 140 keping panel surya. Sementara, kebutuhan listrik untuk mengoperasikan pompa irigasi adalah 25 kW.

Pompa yang digunakan merupakan pompa jenis Submersibble. Pompa tersebut memiliki kecepatan 50 lps (liter per second) atau 50 liter/detik dengan ketinggian 10 m dan panjang pipa 50 meter.

Lahan yang akan dialiri mencapai 167 ha dengan jarak dari danau ke lahan sekitar 1 kilometer. (SMN)