Pendidikan

AKRAP Ingatkan Jangan Pilih Calon yang Tak Peduli Soal Kekerasan Perempuan dan Anak

×

AKRAP Ingatkan Jangan Pilih Calon yang Tak Peduli Soal Kekerasan Perempuan dan Anak

Sebarkan artikel ini
Diskusi Publik dengan Tema " peran Mahasiswa dan Pemuda dalam menanggulangi pelecehan seksual dan perlindungan terhadap anak di Kabupaten Tuah Bepadan" di Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lampung Timur, Way Jepara. Kamis 17/02/22

WAWAINEWS – Yayasan Advokasi Kelompok Rentan Anak dan Perempuan (AKRAP)  mengingatkan untuk tak memilih calon pemimpin baik di tingkat eksektuf, legislatif bahkan ke level desa yang tidak perduli dengan isu kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Nanti 2024, diingat ya jangan memilih calon pemimpin baik itu kades, bupati, gubernur atau presiden dan calon wakil rakyat yang tidak perduli dengan kasus kekerasan perempuan dan anak” kata Edi Arsadad Ketua Akrap dalam Diskusi Publik, di Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lampung Timur, Way Jepara. Kamis 17/02/22.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dikatakan bahwa, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak setiap waktu terus meningkat. Hal itu memerlukan keperdulian dari semua pihak. Tidak hanya Lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, seluruh warga negara juga harus perduli dengan kekerasan perempuan dan anak agar sedapat mungkin di minimalisir.

BACA JUGA :  SAH! Pilkada Tanggamus Diikuti 2 Calon, Dewi vs MSA Akan Perebutkan 453.261 Pemilih

“Salahsatu saja dari lembaga atau elemen masyarakat acuh terhadap hal ini, maka proses penanggulangan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak akan timpang” Katanya.

Menurut Edi, ada relevansi yang kuat antara pemegang kebijakan (eksekutif), lalu pembuat undang-undang (Legislatif) dan penegakan hukum (Yudikatif) terkait penanggulangan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ketiganya harus berjalan selaras sehingga upaya yang diharapkan yakni menghapus kekerasan dapat di tekan semaksimal mungkin.

Selanjutnya Masyarakat juga wajib peduli dengan lingkungan sekitarnya,

“setiap orang wajib menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Saling mengingatkan, berani bicara untuk menolak ini juga wujud dari pencegahan yang nyata” ungkapnya.

Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Lampung Timur M. Zakwan mengamini apa yang disampaikan oleh ketua AKRAP.

BACA JUGA :  Usai Pemilu, KPU Kota Bekasi Mulai Godok Persiapan Pilkada, Begini Persiapannya

Dia mengatakan masyarakat harus berani Menolak, Berbicara dan Melaporkan apabila terjadi pelecehan.

Politisi Partai Gerinda itu juga mengatakan siap bersinergi dengan Pemkab Lampung Timur (Dinas PPPA) untuk bersama sama melakukan upaya perlindungan dan pelayanan kepada korban kekerasan dan pelecehan seksual.

Zakwan mengapresiasi Diskusi publik yang di inisiasi oleh para mahasiswa dan pemuda di Lampung Timur itu.

” Saya mengharapkan setelah acara ini ada Fulow up dari semua yang hadir, sehingga cita cita untuk menghapus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak dapat terwujud” Ungkapnya.(*)