Lampung

Disdukcapil Tanggamus Gelar Rakor Smart Village untuk Tatakelola ADM Pekon

×

Disdukcapil Tanggamus Gelar Rakor Smart Village untuk Tatakelola ADM Pekon

Sebarkan artikel ini
Foto: Acara rakor Disdukcapil dan Dinas PMD Provinsi Lampung di Balai Pekon Gisting Atas, pada Selasa 9 Juli 2024
Foto: Acara rakor Disdukcapil dan Dinas PMD Provinsi Lampung di Balai Pekon Gisting Atas, pada Selasa 9 Juli 2024

TANGGAMUS – Guna mendukung program Smart Vilage, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus, Lampung ikuti rapat koordinasi (Rakor) pemanfaatan data kependudukan, pada 9 Juli 2024.

Rakor yang digelar oleh Disdukcapil dan Dinas PMD Provinsi Lampung itu melibatkan perangkat daerah setempat dan pekon (desa) yang masuk lokasi program Smart Village se- Kabupaten Tanggamus. Acara digelar di Balai Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting dari jam 10.00 WIB.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Sekretaris Disdukcapil Tanggamus, Usman menyampaikan Rakor yang digelar oleh Disdukcapil dan Dinas PMD Provinsi Lampung dalam pemanfaatan data kependudukan untuk mendukung program Smart Village di pekon atau desa.

BACA JUGA :  Dana Hibah Ketua RT di Tanggamus Raib, Tapem dan PMD Bungkam

“Kita ikut rapat koordinasi yang digelar oleh Disdukcapil dan Dinas PMD Provinsi Lampung dalam pemanfaatan data kependudukan untuk mendukung program Smart Village” kata Usman saat diwawancara usai kegiatan.

Usman memaparkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pemerintah pekon (desa) yang masuk lokasi program Smart Village di Kabupaten Tanggamus betapa pentingnya pemanfaatan data kependudukan dalam mendukung program Smart Village.

“Supaya pemerintah pekon semakin masif dalam kepengurusan administrasi kependudukan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh pemerintahan pekon, terlebih masyarakatnya” papar Usman.

Sementara Kepala IT Program Smart Village Dinas PMD Provinsi Lampung David Kurniawan menyampaikan, pihaknya diundang dalam acara tersebut sebagai narasumber untuk pemanfaatan data Disdukcapil dengan Smart Village.

BACA JUGA :  Kecolongan Hiburan Musik di Desa Toba Berlangsung Hingga Malam

David menjelaskan, Smart Village itu adalah aktivitas di desa yang konsen pada tatakelola administrasi pemerintahan desa. Smart Village itu sendiri fokus pada bidang pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan dan inovasi.

“Keempat bidang ini adalah kewajiban aktifitas di pekon, isinya masalah data semua, jadi tujuannya mendorong pemerintah desa memberikan pelayanan prima ke masyarakat” tandasnya. ***