Kesehatan

Inilah Rekomendasi Makanan Penurun Gula Darah, Cocok Bagi Diabetes

×

Inilah Rekomendasi Makanan Penurun Gula Darah, Cocok Bagi Diabetes

Sebarkan artikel ini
ilustrasi Gula Darah atau Diabetes
ilustrasi cek Gula Darah atau Diabetes

WAWAINEWS.ID – Diabetes atau juga dikenal sebagai penyakit gula darah tinggi ditandai berbagai kondisi pada tubuh.

Penyakit ini, tidak bisa dianggap remeh, karena kadar gula darah tinggi dapat merusak banyak sistem tubuh, termasuk saraf dan pembuluh darah.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Bahkan, kondisi ini juga dapat memicu kerusakan ginjal, serangan jantung, kerusakan pembuluh darah yang membuat pengidapnya harus diamputasi.

Beragam tips untuk menjaga kesehatan disarankan berbagai ahli, salah satunya dengan cara membatasi makanan tertentu.

Namun demikian tentu harus didibarengi dengan pola hidup sehat bisa mengurangi risiko kadar gula darah naik bagi pengidap diabetes.

Rutin mengonsumsi obat-obatan sesuai saran dokter, ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah secara alami yang direkomendasikan seperti.

  • Pare
    Melansir dari Cleveland Clinic, jenis sayuran satu ini adalah makanan yang tinggi serat dan rendah gula. Sehingga direkomendasikan untuk membantu menurunkan kadar gula darah atau glukosa secara alami. Selain itu, Pare diyakini memiliki insulin versinya sendiri, yakni bahan kimia yang disebut polipeptida-P. Penelitian menunjukkan bahwa bahan tersebut dapat membantu mengatur kadar gula darah pada orang dengan diabetes. Disebutkan serat pada pare membantu memperlambat pencernaan. Hal ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, sehingga mencegah lonjakan gula darah.
  • Timun
    Buah satu ini memiliki fungsi istimewa biasa jadi lalapan dikenal memiliki beragam manfaat salah satu bisa untuk mengelola gula darah bagi orang dengan diabetes. Timun disebutkan miliki skor rendah pada indeks glikemik. Sejumlah penelitian menemukan bahwa timun dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes.
  • Ubi jalar
    Tak disangka, ternyata Ubi jalar memiliki kadar glukosa yang rendah dan kaya akan serat. Hal itu sebagaimana dilansir dari Medical News Today, kandungan serat paling banyak terdapat pada dagingnya. Untuk itu disebutkan bahwa mengkonsumsi ubi jalar dapat membantu mencegah dan juga mengontrol kadar gula di dalam darah.
  • Kacang-kacangan
    Beberapa jenis kacang, seperti almond, kacang mete, kacang kenari kaya kandungan serat dan rendah kadar glukosa. Serat membantu mengeluarkan kadar gula dalam darah, sehingga membantu terhindar dari diabetes.
  • Bawang putih
    Bawang Putih dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, makanan satu ini juga populer dalam pengobatan tradisional untuk diabetes. Senyawa dalam bawang putih dapat membantu mengurangi gula darah, dengan meningkatan sensitivitas dan sekresi insulin.
  • Brokoli
    Brokoli termasuk makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Makanan ini juga mengandung senyawa sulforaphane, yang dapat menurunkan gula darah.
  • Alpukat
    Dikutip dari Healthline, alpukat memberikan manfaat yang signifikan untuk mengatur gula darah. Alpukat kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Dari salah satu penelitian menemukan jika alpukat dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik melalui kehilangan lemak. Sindrom metabolik adalah sekumpulan kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.
  • Buah beri
    Buah beri, masuk seperti jenis stroberi, blueberi, blackberry, hingga raspberi memiliki indeks glikemik rendah. Ini yang membuat buah-buahan tersebut direkomendasikan untuk pengidap diabetes guna mencegah kenaikan gula darah. Buah beri-berian juga tergolong superfood untuk pengidap diabetes karena kaya serat, kalori, karbohidrat, dan antioksidan.
  • Telur
    Telur mengandung protein yang tinggi untuk mengendalikan kadar gula darah. Kandungan protein ini membuat orang yang mengkonsumsinya merasa kenyang tanpa mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh.Selain itu, protein di dalam telur juga dapat memperlambat penyerapan makanan di dalam tubuh, termasuk gula darah.
  • Kurma
    Sebagaimana dilansir Wawai News dari Nutrition News, kurma memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan bah kering lainnya. Satu buah kurma mengandung sekitar 1,5 gram serat dan dapat mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Jamur
    Kemudian Jamur juga diketahui memiliki konsentrasi beta-D-glukan yang tinggi, suatu bentuk serat yang terbukti dapat menurunkan respon glukosa darah. Selain itu, jamur memiliki indeks glikemik yang rendah dan tersedia dalam berbagai pilihan, seperti portobello, shitake, cremini, dan lainnya.
  • Sayuran berdaun hijau
    Nah, tak kalah penting tetap mengkomsumi berbagai jenis sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam dan kale, memiliki nilai indeks glikemik yang sangat rendah. Selain itu, makanan ini memiliki banyak nutrisi bermanfaat seperti serat dan Vitamin C.