Komunitas

Keluarga Kerajaan Skala Bkhak Helat Buka Puasa Bersama

×

Keluarga Kerajaan Skala Bkhak Helat Buka Puasa Bersama

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lampung – Keluarga Besar Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong, menggelar buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Humas Kepaksian dan Muli Mekhanai Paksi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Dalom Kepaksian Pernong di Jalan MH Tamrin Nomor 19 A, Gotong Royong, Bandar Lampung ini berjalan dengan khidmat.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Acara doa dan buka puasa bersama dihadiri segenap raja-raja jukkuan paksi dan perwakilan raja di Bandar Lampung, Juru Bicara Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong, Muli Mekhanai Paksi dan segenap pengurus Humas Hanggum Jejama.

Turut hadir juga salah satu Jelma Balak Ni Gedung Dalom, Raden Kiemas Panji Utama yang juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Lampung Post, Iskandar Zulkarnain, Pemerhati Budaya Lampung Rosim Nyerupa, Rifqi Masyhuri Dinata dari Sungkai Bunga Mayang, Muhammad Ali dari Jabung Lampung Timur, perwakilan Keluarga Puwakhi Pungu Marga Tionghoa.

BACA JUGA :  Momen Hari Bumi 2024, Komunitas Pecinta LingkunganTanam Pohon di Bantaran Sungai Cikeas

Juru Bicara Kerajaan – Raja Duta Perbangsa yang memberi kata sambutan menyampaikan salam kepada minak muakhi dari Paduka YM SPDB. Pangeran Edwarsyah Pernong, Sultan Sekala Bkhak yang Dipertuan ke-23.

Dalam sambutannya, Raja Duta Perbangsa menyampaikan buka bersama sebagai wadah silaturahmi untuk mempererat memperekat keminakmuwakhian khususnya di Kepaksian Pernong yang ada di Bandar Lampung.

“Kemarin sore, Paduka YM SPDB menyampaikan kepada saya bahwa ia berhalangan hadir karena kegiatan yang sama di Gedung Dalom Jakarta. Beliau menyampaikan salam kepada kita semua wabilkhusus para raja jukkuan paksi, Humas dan Muli Mekhanai Paksi dan seluruh minak muwakhi yang hadir pada sore hari ini. Melalui momentum buka bersama hari ini. Kita Mempererat dan memperekat tali silaturahmi,” ujarnya.

BACA JUGA :  Mubes II IWO Deadlock, Jodhi Tetap Ketua Hingga 6 Bulan Kedepan

Dalam kesempatan tersebut, Raja Duta Perbangsa juga menyampaikan sedikit ulasan mengenai keberadaan Istana Kerajaan Sekala Bkhak Kepaksian Pernong yang masih proses pembangunan tahap III.

“Alhamdulillah berkat doa dan ikhtiar minak muwakhi semuanya, Gedung Dalom Kepaksian Pernong yang baru masih dalam proses pembangunan tahap III, sama dengan Gedung Dalom yang lama, Gedung Dalom yang baru berada di Batu Brak, Lampung Barat,” kata dia.

Kerajaan Sekala Bkhak Itu terdiri dari empat, dan keempat istana kerajaannya terdiri Kepaksian Pernong di Batu Brak, Kepaksian Bejalan Diway di Kembahang, Kepaksian Nyerupa berada di Sukau dan Kepaksian Belunguh berada di Kenali Lampung Barat,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa di dalam adat Saibatin, Paksi Pak Sekala Bkhak, Gedung Dalom hanya ada satu dan miliknya Saibatin. Di luar keempat istana tersebut tidak ada istana kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak. Selain yang berada di Lampung Barat dan kediamannya saibatin disebut Gedung Dalom.

BACA JUGA :  Melawan, Hendry Ch Bangun Sebut Keputusan DK PWI Terkait Pemecatan Dirinya Ilegal

Silaturahmi ditutup doa disampaikan Raja Susunan, H. M. Arif Ramli. Doa juga disampaikan untuk keluarga almarhum dan almarhumah SPDB serta keluarga yang minak muwakhi yang hadir dalam buka bersama tersebut. Buka puasa bersama tersebut merupakan agenda rutin tahunan Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong.