Inilah Makanan Pengganti Tempe dan Tahu yang Kaya Protein

Ilustrasi Tempe
Ilustrasi Tempe

WAWAINEWS - Bahan baku Tahu dan tempe setiap tahunnya terus mengalami keniakan harga. Indonesia sendiri diketahui masih bergantung pada import salah satunya dari China.

Diketahui bahwa kedelai sendiri menjadi bahan dasar Tahu dan Tempe sebagai salah satu kudapan yang kaya protein dan cukup digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Kedelai termasuk jenis kacang-kacangan dan mengandung protein yang tinggi, lemak jenuh, serat, antioksidan, asam lemak Omega-3, dan fitoestrogen.

Protein memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia seperti membantu pertumbuhan, membentuk sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan massa otot.

BACA JUGA : Harga Kedelai Naik, Babi di China di Salahkan

Menkes pun mencatat kebutuhan protein normal setiap harinya mencapai 62-65 gram untuk laki-laki dan 56-57 gram untuk perempuan. Angka ini sama dengan 0,8-1 gram per kilogram berat badan.

Berikut 7 makanan protein pengganti tahu tempe yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

1. Telur
Telur jadi salah satu makanan tinggi protein terbaik. Telur juga diklaim jadi makanan paling sehat dan bergizi.

Telur merupakan sumber vitamin, mineral, lemak sehat, senyawa antioksidan, dan nutrisi lain yang dibutuhkan otak.

Sebagian besar protein terkandung di dalam bagian putih telur. Satu telur besar memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Dada ayam
Jika Anda memakan dada ayam tanpa kulit, sebagian besar kalorinya berasal dari protein.

Ada sekitar 53 gram protein dan 284 kalori dalam satu dada ayam panggang tanpa kulit.

3. Oat
Oat merupakan salah satu biji-bijian paling sehat yang mudah ditemukan dan bisa jadi makanan protein pengganti tahu tempet. Oat mengandung serat, magnesium, mangan, vitamin B1, dan beberapa nutrisi lainnya.

Ada sekitar 11 gram protein dan 307 kalori dalam 80 gram oat.

4. Susu
Selain bisa menjadi makanan protein pengganti tahu tempe, susu juga kaya akan kalsium, fosfor, dan riboflavin. Ada sekitar 8 gram protein dan 149 kalori dalam 250 mililiter susu murni.

Jika Anda sedang menghindari asupan lemak, maka susu rendah lemak dan susu skim bisa jadi pilihan.

Namun, Anda yang memiliki intoleransi laktosa perlu berhati-hati. Konsumsi susu dapat memicu beberapa gejala gangguan pencernaan.

5. Tuna
Seperti salmon, tuna merupakan sumber nutrisi baik yang juga mengandung asam lemak omega-3.

Ada sekitar 27 gram protein dan 128 kalori dalam 142 gram tuna.

6. Greek Yoghurt
Greek yoghurt merupakan jenis yoghurt yang bisa menjadi makanan protein pengganti tahu tempe dan cocok dipadukan dengan hidangan manis.

Dari sekitar 170 gram terdapat 17 gram protein dan 100 kalori. Jangan lupa pilih yoghurt tanpa pemanis tambahan.

7. Kacang polong
Setengah cangkir kacang mengandung protein nabati sebanyak satu ons steak panggang.

Itulah makanan protein pengganti tahu tempe yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

Sumber: CNN Indonesia

Penulis:

Baca Juga