Perikanan

DKP Lamsel Perlu Rp4 Miliar untuk Nelayan di 2020

×

DKP Lamsel Perlu Rp4 Miliar untuk Nelayan di 2020

Sebarkan artikel ini

LAMSEL – Dinas kelautan dan perikanan (DKP) Kabupaten  Lampung Selatan (Lamsel ) mengucurkan bantuan ke kelompok budidaya ikan (Pokdakan) dan kelompok nelayan. Bantuan tersebut berupa bibit ikan, pakan, perahu melalui dana APBD 2019.

“Untuk Bantuan kelompok  budidaya ikan (Pokdakan) air tawar tahun ini telah dapat bantuan berupa bibit ikan dan pakan, yang tersebar di kecamatan palas, Sragi, kalianda, Jati agung, tanjung bintang, penengahan dan natar, anggaranya   dari APBD,”ungkap Meizar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lamsel, Rabu (20/11/2019).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dikatakan setiap kelompok dapat bantuan bibit ikan lele, patin, nila, dengan jumlah berpariasi antara 10 ribu, 15 ribu dan 20 ribu, sedangkan untuk nelayan dapat bantuan kapal ketinting dan alat tangkap, program lainnya yakni  perbaikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), sosialisasi cara penangkapan ikan yang layak.

BACA JUGA :  Lebak Miliki Potensi Jadi Sentra Produktivitas Patin

“Bantuan ini harus dipergunakan, untuk alat. Harus dijaga dan pergunakan, bibit ikannya di kembangkan supaya bisa meningkatkan pengahasilan dan kesejahteraan kelompok penerima bantuan,”tukasnya.

Menurutnya bantuan tahun ini sangat banyak, seperti bantuan kapal, alat tangkap, dan bibit ikan. Bantuan kapal Dari pusat sudah 35 unit beserta alat tangkap dan dari pihak swasta 100 unit kapal dan alat tangkap.

Dinas Kelautan dan Perikanan Lamsel membuat Rencana program untuk tahun  2020 dengan Total anggaran mencapai Rp4 milyar, isi program tersebut  hampir sama dengan 2019.

Dia berharap pada  komisi II DPRD lamsel  Untuk menyetujui RAPBD yang telah di  Rencanakan dan di ajukan. “Kebutuhan itu mencapai Rp4 milyar untuk menjalankan semua program untuk tahun 2020,”tandasnya mengatakan Keperluan tersebut meliputi membantu nelayan pasca tsunami dengan memberikan bantuan kapal, (Endri/Saman)