Politik

Ikan Gabus Kenakan Pakaian Khas Betawi jadi Maskot Pilkada Wali Kota Bekasi 2024

×

Ikan Gabus Kenakan Pakaian Khas Betawi jadi Maskot Pilkada Wali Kota Bekasi 2024

Sebarkan artikel ini
Ikan Gabus gunakan pakaian Khas Betawi jadi Maskot Pilkada Kota Bekasi 2024
Ikan Gabus gunakan pakaian Khas Betawi jadi Maskot Pilkada Kota Bekasi 2024

BEKASI – Ikan Gabus dengan mengenakan pakaian adat khas Betawi, dengan bertuliskan Bang Wara dan Mpok Wiri jadi maskot Pilkada serentak 2024 yang diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Bekasi, Jumat 7 Juni 2024.

Ketua KPU Kota Bekasi yang Ali Syaifa mengatakan, pemilihan maskot Bang Wara dan Mpok Wiri dalam pelaksanaan Pilkada Kota Bekasi merupakan hasil sayembara yang dilakukan oleh KPU Kota Bekasi. Maskot tersebut berasal dari hayati asli Kota Bekasi yakni Ikan Gabus.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Laki-laki kami diberi nama Bang Wara dan perempuan Mpok Wiri,”ujar Ali saat menyampaikan pidato pembukaan peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bekasi di Harris Convention Hall Summarecon Bekasi.

BACA JUGA :  Stigma Miring Caleg Artis, Choky Sitohang: Saya Akan Jadi Penyeimbang

Dikatakan bahwa insipirasi Maskot Ikan Gabus itu, terinspirasi dari fakta bahwasanya Kota Bekasi adalah Kota Patriot yang mana dalam pergerakan dan perintisan perjuangan kemerdekaan di Kota Bekasi banyak diisi para pejuang dan pahlawan.

Pejuang Kota Bekasi Menurut Ali, turut diabdikan dengan seseorang penyair bernama Chairil Anwar yang mengabadikan Karawang-Bekasi melalui bait puisi yang dikenal seantaro negeri. Hal itu membuktikan jika Kota Bekasi adalah bentuk tanah perjuangan dan pahlawan.

“Memiliki mental yang berani mempertahankan kemerdekaan itu ada pada Jawara-jawara di Kota Bekasi yang tersebar di kampung – kampung, Oleh karena itu kata wara berasal dari kata jawara,” jelasnya.

Selain itu, kata Wara sendiri juga merupakan akronim daripada singkatan kalimat suara rakyat Kota Bekasi. Sementara, kata Wiri merupakan akronim dari singkatan kalimat Suara hati masyarakat Indonesia.

BACA JUGA :  Bang Ipul Deklarasi Dukung Paslon Dawam-Ketut Erawan, Inilah 7 Program yang Harus Dijalankan

Dulu kata Ali , jawaranya ada di kampung-kampung, sekarang jawaranya Pilkada 2024 adalah peserta Pemilu Wali Kota Bekasi 2024.

“Bapak-ibu sekalian yang ada di sini juga masyarakat yang akan menjadi pemilih dalam Pilkada 2024, Semoga pelaksanaan tahapan Pilkada berjalan baik dan khidmat hingga nanti pada pelaksanaan 27 November mendatang,”harapnya.***