Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Cegah Penyakit Hepatitis Akut, dr. Spesialis Anak RSCM Sarankan Ini

×

Cegah Penyakit Hepatitis Akut, dr. Spesialis Anak RSCM Sarankan Ini

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi hepatitis

WAWAINEWS – Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, menyebutkan dugaan awal penyakit Hepatitis Akut pada Anak disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll.

Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.

Scroll untuk baca artikel

Untuk mencegah risiko infeksi, Prof Hanifah menyarankan agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan.

“Langkah awal yang bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, “ungkapnya melalui siaran pers pada 5 April 2022 lalu.

Ditegaskan bahwa untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang.

Tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat.

Selain itu, untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Upaya lain yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan Hepatitis Akut adalah pemahaman orang tua terhadap gejala awal penyakit Hepatitis Akut.

Prof Hanifah menyebutkan secara umum gejala awal penyakit Hepatitis Akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.