dr Zaidul Akbar Berikan Tips ini, Agar Masa Tua Tak Sakit-sakitan

dr Zaidul Akbar
dr Zaidul Akbar

WAWAINEWS - Anak sekarang maunya serba instan. Bahkan untuk asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuhnya saja juga instan.

Salah satunya seperti mie instan yang tinggi karbohidrat kerap disantap setiap waktu, ditambah makanan yang serba digoreng dan jarang makan sayur, menjadi keseharian anak sekarang.

Dampak dari asupan yang masuk ke tubuh itu semua berawal dari kolesterol tinggi yang akhirnya menjadi penyakit yang serius ketika memasuki usia tua.

Kolesterol tinggi dalah gangguan dalam tubuh yang diakibatkan kadar kolesterol melebihi ambang normal.

Penyakit ini biasanya kerap diderita orang yang menginjak usia 30 tahun ke atas. Walaupun kolesterol tinggi tidak mengancam nyawa secara langsung, namun penyakit ini wajib diwaspadai agar tidak memicu penyakit serius lainnya.

Penyakit yang bisa dipicu karena kolesterol tinggi yakni mulai dari penurunan stamina hingga stroke.

Bahkan kini, bergesernya pola hidup membuat orang di bawah umur 30 tahun juga berpotensi mengalami gangguan kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan jantung, stroke dan ginjal.

Dalam ceramahnya Pendakwah dan pakar kesehatan, dr Zaidul Akbar melalui unggahan Instagramnya membagikan hal-hal yang membuat kolesterol dalam tubuh tinggi.

Seperti tayang dalam artikel berjudul ‘Anak Muda Wajib Waspadai Kolesterol Tinggi! Ini Tips Mengatasinya Agar Masa Tua Lebih Sehat’ di pikiran-rakyat, berikut adalah penyebab kolesterol dalam tubuh tinggi;

Terlalu berlebihan mengonsumsi makanan yang digoreng.
Tak dapat dipungkiri jika makanan yang digoreng terkadang mengandung minyak yang berlebih.

Baca Juga: STOP Es Tes Manis! dr Zaidul Akbar: Ada Fakta Pahit di Setiap Manis Tegukannya

Kandungan minyak yang berlebih seperti pada gorengan ternyata tidak baik untuk tubuh. Sebeb, kandungan minyak bisa berubah menjadi lemak trans.

Terlalu berlebihan makanan dengan karbohidrat tinggi
Salah satu penyebab lemak yang menumpuk adalah karbohidrat yang tidak terbakar oleh tubuh.

Mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi, namun tidak dibarengi dengan aktivitas terutama olahraga dapat membuat lemak jahat pada tumbuh menumpuk.

Jarang makan sayur
Makan sayur merupakan hal yang banyak orang hindari. Padahal dengan mengkonsumsi sayur metabolisme tubuh akan lebih stabil.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga