Scroll untuk baca artikel
Wisata

Minim Perhatian, Goa Pandan Terkesan Angker

×

Minim Perhatian, Goa Pandan Terkesan Angker

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Lamtim – Meski keberadaan Goa Pandan, terletak di Dusun IV, Gunung Durin, Desa Girimolyo, Kecamatan Margasekampung Lampung Timur mulai dikenal sebagai salah satu destinasi wisata daerah setempat. Ternyata sampai saat ini belum mendapat perhatian sekali pun dari Pemerintah Daerah Lampung Timur.

Goa Pandan, diketahui berada dilahan seluas satu hektar, selama ini hanya dikelola secara swadaya oleh warga setempat sejak tahun 2018 lalu yang diketuai oleh Pitrus Sunyoto. Keberadaan Goa Pandan itu sendiri sebenarnya sudah ditemukan warga sejak tahun 1980-an.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Baca juga: Lokasi Wisata Pandan Alas Sriminosari, Berharap Perhatian Pemerintah Lamtim

Belum adanya perhatian Pemerintah, menjadikan lokasi tersebut saat ini terlihat angker. Rumput ilalang menyemaki sekitar goa dan terkesan kotor, kumuh karena tidak dirawat. Hal lain adalah akses jalan yang tidak memadai untuk menuju lokasi Goa Pandan hingga menjadikan orang malas untuk datang.

Belum mendapat perhatian pemerintah, kondisi Goa Pandan dipenuhi rumput liar jalannya pun rusak parah (abu umar)

“Kami sudah capek bergerak bersama warga desa untuk memajukan Goa Pandan agar menjadi destinasi wisata di Lamtim. Proposal sudah diajukan ke Dinas Pariwisata Lamtim tahun 2018 tapi tak mendapat tanggapan,”ujar Tri Joko (42), satu penggagas destinasi Goa Pandan, Rabu (26/6/2019).

Diakuinya bahwa bantuan baru datang dari desa setempat dalam bentuk MCK. Untuk itu dia, mengharapkan melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 dapat dialokasi guna menambah fasilitas Goa Pandan.

Baca juga: Merasakan Sensasi di Perkampungan Dayak Kaltim

Menurut Tri, proposal agar mendapat dukungan pemerintah Lampung Timur sudah diajukan, agar Goa Pandan mendapat perhatian dan didukung dalam melakukan berbagai perbaikan terutama terkait akses jalan menuju Goa Pandan. Sehingga bisa menarik minat wisatawan pencinta alam berkunjung.

“Harusnya Goa Pandan dapat menjadi prioritas pemerintah. Saat pidato didepan khalayak Bupati Chununia yang sekarang jadi Wakil Gubernur Lampung menggebu gebu jika membahas soal potensi wisata,”tandas Tri.

Tapi, potensi alam yang ada dan tinggal dilakukan penataan terkesan dibiarkan. Untuk itu dia meminta instansi terkait terutama Wakil Gubernur Lampung Chununia dapat mendorong penataan Goa Pandan untuk menjadi salah satu destinasi wisata di pelosok Lampung Timur.

“Ini merupakan salah satu cara dalam upaya mendongkrak ekonomi desa. Jika itu terwujud tentu banyak orang berkunjung bahkan bisa membuat festival di Goa Pandan,”sindirnya. (Abu Umar)