10 Manfaat Bagi Petani di Lampung Jadi Anggota e-KPB

Pak Hadi dan Pak Seko, Petani Jagung di Sidomono, Desa Gunung Raya, hanya pasrah dan bertanya tujuan pemerintah membuat tagline Petani Berjaya maksudnya seperti apa? Rabu (1/7/2020). Foto kandar

WAWAINEWS.ID - Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) adalah Program Gubernur Lampung yang sudah sangat populer.

Namun tak sedikit yang masih bertanya apa saja manfaat setelah bergabung sebagai program pertani berjaya apa saja keuntungannya bagi petani.

BACA JUGA: Berkunjung ke Pesawaran, Gubernur Sosialisasikan Kartu Petani Berjaya

Sebelumnya sudah dibahas syarat untuk menjadi bagian dari program petani berjaya yang menjadi program unggulan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Melansir dari dinastph.lampungprov bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Program KPB tersbeut menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama.

BACA JUGA: Fraksi Nasdem Sebut Kartu Petani Berjaya Tidak Jelas Hasil dan Arahnya

Selanjutnya berupaya menjaga ketersediaan benih, bibit dan pupuk, Penanganan panen dan pasca panen, Pendampingan budidaya Ketersediaan teknologi pertanian, Permodalan, Manajemen Risiko usaha tani, Jadwal tanam, Penyaluran air irigasi. Adapun pihak-pihak yang Terlibat antara lain Supplier, Distributor, Perbankan, Petani, Pembeli, Pemerintah Provinsi.

KPB berjalan sebagaimana bisnis apa adanya, tidak menggunakan dana APBN maupun APBD, berbasis penyimpan tertutup, data yang didapat berasal dari praktik lapangan yang akan berubah secara terus menerus dengan tujuan mengetahui efektivitas dan efisiensi pertanian.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga