Ini 10 Syarat Petani di Lampung Ingin Jadi Anggota e-KPB

Launching program Kartu Petani Berjaya di Lampung tengah ditandai dengan pemukulan ketongan. Hadir Mentan RI, Selasa (6/10/2020)- adpim

WAWAINEWS.ID - Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) adalah Program Gubernur Lampung yang sudah sangat populer. Meski demikian tak sedikit yang masih bertanya bagaimana cara bisa memiliki kartu petani berjaya dan apa saja keuntungannya bagi petani.

Program Kartu Petani Berjaya ini dilansir dari dinastph.lampungprov bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

BACA JUGA: Dukung Petani Berjaya, Lampung Kenalkan ‘Smart Village’ Integrasi KPB

Program KPB tersbeut menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama.

Selanjutnya berupaya menjaga ketersediaan benih, bibit dan pupuk, Penanganan panen dan pasca panen, Pendampingan budidaya Ketersediaan teknologi pertanian, Permodalan, Manajemen Risiko usaha tani, Jadwal tanam, Penyaluran air irigasi. Adapun pihak-pihak yang Terlibat antara lain Supplier, Distributor, Perbankan, Petani, Pembeli, Pemerintah Provinsi.

KPB berjalan sebagaimana bisnis apa adanya, tidak menggunakan dana APBN maupun APBD, berbasis penyimpan tertutup, data yang didapat berasal dari praktik lapangan yang akan berubah secara terus menerus dengan tujuan mengetahui efektivitas dan efisiensi pertanian.

BACA JUGA: 10 Manfaat Bagi Petani di Lampung Jadi Anggota e-KPB

Adapun sasarannya adalah : (1) Peningkatan produksi dan produktivitas, (2) Peningkatan Efisiensi Usaha Tani, (3) Peningkatan Keuntungan Usaha Tani dan (4) Peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP).

Keanggotaan PKPB

APDESI Minta Kades Bisa Menjabat Hingga 27 Tahun, Menurut Kalian?

Melalui Aplikasi Kartu Petani Berjaya memberikan berbagai akses informasi bagi petani dan juga pemangku kepentingan pendukung lainnya dengan tujuan untuk memberikan kesejahteraan dan membuat para petani di Provinsi Lampung Berjaya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga