AdvertorialLampung

Tahun 2023 Ini Pemkab Lampung Timur Tetapkan 15 Desa jadi Lokus Stunting

×

Tahun 2023 Ini Pemkab Lampung Timur Tetapkan 15 Desa jadi Lokus Stunting

Sebarkan artikel ini
Peserta orientasi kader posyandu, kader KPM, kader PHBS pokja IV dan Ketua TP PKK Desa dan Petugas Pembina Desa

WAWAINEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menetapkan sedikitnya 15 desa yang menjadi lokus utama stunting  atau kasus gizi buruk atau kurang gizi sehingga tidak berkembang normal.

Hal itu Sejalan dengan prioritas global tersebut, salah satu prioritas pembangunan kesehatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 -2024 adalah Percepatan perbaikan gizi khususnya menurunkan prevalensi Stunting khususnya di Lampung Timur.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

BACA JUGA: Pemkab Lampung Timur Gelar Upacara Peringatan HUT ke-59 Provinsi Lampung

Dimana pada tahun 2022 menjadi lokus stunting dengan jumlah desa 25 lokus dan ditahun 2023 ini menjadi 15 lokus.

BACA JUGA :  Dianggap 'Mandul' Puluhan Massa Aksi Protes Kinerja Inspektorat Tanggamus

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Lamtim Yus Bariah Dawan Rahardjo saat memimpin Pertemuan Orientasi Penguatan Kader Dalam Rangka Pencegahan Stunting tahun 2023, acara yang berlangsung di Kecamatan Metro Kibang dan Pekalongan kemarin.

Dikatakan dalam rangka menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur dengan TP PKK Kabupaen Lampung Timur nomor 440/379/10-SK/Bid/II/2022 tanggal 03 Februari 2022 tentang Peningkatan Peran Kader Dalam pelaksanaan Program pencegahan dan Penurunan Stunting di Kabupaten Lampung Timur yang sudah kita laksanakan sebanyak 13 angkatan tersebar di 24 kecamatan yang ada di Lampung Timur.

BACA JUGA: Zaiful: Pemkab Lamtim Pasti Bantu Selesaikan Konflik Nelayan

Menurutnya saat ini Lampung Timur akan menuju Transformasi kesehatan khusus nya di bidang kesehatan dengan mendukung posyandu aktif. Posyandu aktif ada beberapa indikator dan strategi yang harus dipenuhi dalam menuju ke posyandu aktif diantara nya adalah :

BACA JUGA :  Kurnain: Saya Tidak Setuju Rencana Pengalihan Masjid Jadi Mal Pelayanan

No Indikator Strategi

1. Melakukan kegiatan rutin Posyandu minimal 8x/tahun Melakukan advokasi kepada linsek terkait untuk pembentukan Pokjanal Posyandu di berbagai jenjang.