Lampung

Bus Study Tour dari Krui Terperosok ke Jurang di Tanggamus, Dugaan Rem Blong

×

Bus Study Tour dari Krui Terperosok ke Jurang di Tanggamus, Dugaan Rem Blong

Sebarkan artikel ini
Penampakan Bus Pariwisata membawa peserta study tour MIN 1 Pesisir terperosok ke Jurang di Sedayu, Sekama, Kabupaten Tanggamus, pada Rabu 22 Mei 2024 - foto doc ist
Penampakan Bus Pariwisata membawa peserta study tour MIN 1 Pesisir terperosok ke Jurang di Sedayu, Sekama, Kabupaten Tanggamus, pada Rabu 22 Mei 2024 - foto doc ist

TANGGAMUS – Satu Bus Pariwisata yang mengangkut pelajar MIN 1 Krui, Pesisir Barat untuk melaksanakan study tour ke Bandar Lampung terperosok ke jurang saat melintas di Pekon Sedayu, Semaka, Kabupaten Tanggamus.

Kejadian kecelakaan tunggal diduga akibat rem blong tersebut, terjadi pada Rabu, 22 Mei 2023 dini hari, diketahui bus pariwisata itu dikemudikan oleh Jamaludin, usia 57 tahun, warga Ciamis, Jawa Barat.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Bus tersebut mengangkut penumpang kru mobil berjumlah 3 orang, 24 siswa/i MIN, 16 Guru Pendamping dan 1 balita,”ungkap Kasat Lantas Polres Tanggamus Iptu Ridwansyah pada Rabu 22 Mei 2024.

BACA JUGA :  Khilafatul Muslimin Miliki Akun YouTube dan Buletin untuk Sebarkan Ceramah 

Sat Lantas Polres Tanggamus telah melakukan evakuasi dan identifikasi kecelakaan tunggal (Out of Control) Bus Pariwisata yang membawa Peserta Study Tour dari MIN 1 Pesisir Barat.

Dikatakan akibat kecelakaan tunggal itu mengakibatkan sejumlah penumpang mengalami luka-luka diantaranya pengemudi Jamaludi (57), mengalami luka robek dan luka lecet.

Kemudian Yuniarti (30) mengalami patah di telapak tangan sebelah kiri. Muklis (55) mengalami patah tulang lengan atas sebelah kanan serta Indilah(30) mengalami luka robek di pelipis kiri

Lalu ada dua orang siswa, Dede (12) mengalami luka robek di pelipis dan dahi sebelah kanan dan Yoga (12) mengalami luka robek di pelipis sebelah kiri.

Para korban kecelakaan bus pariwisata itu langsung dibawa ke Puskesmas Sukaraja, lokasi terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

BACA JUGA :  Satu Pengeroyokan di Pekon Balak Ditangkap Polisi

“Lima orang korban dirujuk ke RSUD Batin Mangunang, Kota Agung, Tanggamus, untuk perawatan lebih lanjut,” ujarnya.

Terhadap para penumpang yang selamat dievakuasi ke rest area Masjid Imanudin, Kecamatan Semaka, sambil menunggu dijemput oleh pihak keluarga masing-masing.

“Proses Evakuasi korban dilakukan oleh personil dari Polsek Semaka dan Sat Lantas Polres Tanggamus dibantu oleh warga sekitar yang langsung memberikan bantuan saat kecelakaan terjadi,” ujarnya.

Iptu Ridwansyah menjelaskan, kronologis kecelakaan terjadi saat bus pariwisata tiba di lokasi kejadian yang berupa jalan menikung dan menurun.

Bus diduga mengalami kegagalan fungsi pengereman (rem blong). Akibatnya bus terperosok ke dalam jurang.

“Kecelakaan ini menjadi pengingat bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dan memastikan kesiapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh, guna menghindari kejadian serupa di masa mendatang,”tutupnya.***