Politik

Ditinggal PKB, Dawam Diusung PDIP untuk Pilkada Lampung Timur?

×

Ditinggal PKB, Dawam Diusung PDIP untuk Pilkada Lampung Timur?

Sebarkan artikel ini
Dawam Rahardjo
Dawam Rahardjo Bupati Lampung Timur periode 2021-2026 - foto ist

LAMPUNG TIMUR – Dawam Rahardjo Petahan Bupati Lampung Timur, diisukan akan diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada serentak di Lamtim 2024. Dawam diketahui sebelumnya ditinggal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan mengusung Ela Nuryamah.

Informasi dihimpun Wawai News Dawam Rahardjo hampir dipastikan diusung PDI Perjuangan dan akan berpasangan dengan Heri NJA salah seorang pengusaha di Way Jepara Lampung Timur. Hal tersebut berdasarkan hasil pleno di kantor DPP PDIP Jakarta pada Minggu malam 25 Agustus 2024.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Hasil keputusan pleno PDIP yang akan diusung untuk Pilkada Lampung Timur, bukan Zaiful Bokhari-Heri. Tapi, Dawam-Heri,”ungkap informasi beredar pada minggu malam.

BACA JUGA :  Jelang Idulfitri, Perangkat Desa di Lampung Timur Boleh Tersenyum, Siltap Segera Cair

Sebelumnya sempat muncul nama Zaiful-Heri NJA akan maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur diusung PDI Perjuangan pasca putusan MK terkait ambang batas dalam pemilu kepala daerah. Namun belakangan muncul nama Dawam-Heri.

Dawam Rahardjo sebelumnya merupakan Ketua PKB Lampung Timur, namun usai Pemilu 2024, posisinya diganti bahkan ia ditinggalkan partai yang telah dibesarkan selama ini mengusung Ela Nuryamah yang berpasangan dengan wakil Bupati Azwar Hadi.

Selain ditinggal partai PKB, Dawam pun ditinggalkan wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi yang telah resmi berpasangan dengan Ela Nuryamah untuk Pilkada nanti.

Hingga menjelang pendaftaran di KPU Petahana Bupati Lampung Timur diketahui belum ada kepastian untuk kembali maju sebagai Bupati di Pilkada Lampung Timur karena belum memiliki partai. Belum ada satu pun Partai Politik memberi tiket pencalonan untuk Pak Blankon tersebut.

BACA JUGA :  7 Kecamatan di Lamtim Dapat Apresiasi Terapkan Program KPB

Namun, harapan Dawam setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 tentang persyaratan pencalonan kepala daerah berubah, membuat Dawam Rahardjo kembali bergerilya mencari dukungan.

Bahkan sempat muncul wacana Umar Ahmad akan duet dengan petahana Bupati Lampung Timur, Dawam Rahardjo di Pilkada Gubernur (Pilgub Lampung). Umar-Dawam muncul karena jadi usulan kader PDIP Lampung saat rapat.

Diketahui bahwa Saat ini sejumlah petinggi PDIP Lampung sedang di Jakarta untuk mendapatkan Surat Rekomendasi, Senin (26/8).

“Sejumlah politisi saat ini tengah di Jakarta untuk bisa mendapatkan rekomendasi dari PDIP termasuk Dawam, Zaiful Bokhari, Heri NJA untuk pencalonan di Lampung Timur. Hari ini kepastiannya siapa kandidat yang akan diusung PDIP di Pilkada Lampung Timur,”ungkap sumber Wawai News.***