Scroll untuk baca artikel
Lampung

Masa Tenang, Bawaslu Lamtim Sebut TPS Dekat Rumah Caleg Jadi Fokus Pengawasan

×

Masa Tenang, Bawaslu Lamtim Sebut TPS Dekat Rumah Caleg Jadi Fokus Pengawasan

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG TIMUR – Memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur merilis ada ribuan tempat pemungutan suara (TPS) rawan di wilayah setempat. Jumlah TPS rawan tersebut mencapai 1.429 tersebar di berbagai lokasi

“TPS dianggap rawan karena berbagai faktor, termasuk potensi pelanggaran Pemilu dan gangguan terhadap proses demokrasi,”ungkap Christine Bunga Ellora Kordiv Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Lampung Timur, melalui rilis resminya pada Minggu 11 Februari 2024.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dikatakan ada 7 kategori rawan melalui variabel dan 22 indikator. Namun beberapa wilayah yang menjadi fokus pengawasan intensif meliputi TPS yang dekat dengan rumah caleg.

Christine menekankan pentingnya pengawasan ketat di TPS-TPS tersebut untuk memastikan jalannya proses pemilihan yang adil dan transparan bagi semua pihak.

Bawaslu Lampung Timur berencana menerapkan langkah-langkah preventif dan pengawasan yang ditingkatkan, termasuk melibatkan masyarakat setempat dalam pemantauan dan pelaporan potensi pelanggaran.

Selain itu, Bawaslu Lampung Timur mengajak semua pihak terkait, termasuk instansi pemerintah, partai politik, dan lembaga masyarakat sipil, untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses pemilihan di wilayah tersebut.

“Dengan kerjasama yang solid, diharapkan pemilu di Lampung Timur dapat berlangsung dengan lancar dan mendapatkan kepercayaan publik yang tinggi,” kata Christine.***