Scroll untuk baca artikel
Politik

Partsisipasi Pemilu Lanjutan di Bekasi Rendah

×

Partsisipasi Pemilu Lanjutan di Bekasi Rendah

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Bekasi – Tingkat partisipasi Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di  lima tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, terbilang rendah jika dibandingkan dengan pelaksanaan saat pencoblosan 17 April 2019.

Pencoblosan lanjutan di kota Bekasi dilakukan di lima TPS, meliputi TPS 166 di Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur dan empat TPS di Kelurahan Kaliabang, Kecamatan Bekasi Utara, pada Minggu (21/4/2019).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Baca Juga: Mpo Aminah, Raih Suara Tertinggi Internal PAN

Pantauan di empat TPS Kelurahan Kaliabang, Bekasi Utara, tingkat kehadiran di TPS 225 dari jumlah 296  Daftar Pemilih Tetap (DPT) hadir 183 orang. Tingkat kehadiran tersebut menurun jika dibanding saat hari pencoblosan serentak lalu jumlah DPT yang hadir mencapai 241 orang.

Ketua PPS 225, Darpo Sunolo, mengakui minimnya jumlah kehadiran dalam memberikan hak suara ulang karena  banyak warga di lingkungan setempat sudah kembali ke tempat kerja, seperti anak kuliah dan lainnya.

“Empat TPS di Kelurahan Kaliabang Tengah, melakukan PSL untuk satu jenis kertas suara DPRD Provinsi Jabar,”jelas Darpo Sunolo, Minggu (21/4/2019)

Sementara di TPS 224, jumlah warga yang hadir untuk memberikan hak suaranya hanya 134 orang dari jumlah DPT mencapai 289 suara. Saat pencoblosan serentak tingkat kehadiran di TPS tersebut mencapai 228 hampir seratus persen.

Ketua TPS  224, Uu Tustandi, mengakui pencoblosan ulang dilaksanakan di wilayahnya karena saat pencoblosan serentak 17 April lalu, kertas suara untuk DPRD Provinsi Jabar tertukar. Dalam Kotak suara DPR RI isinya kertas suara DPR RI.

“Saat pencoblosan hari “H” TPs 224 baru mulai sekira pukul 11.00 WIB setelah disetujui dan medlndapat nstruksi Bawaslu tingkat Kecamatan,”ujar Uu.

Di TPS 227, tingkat kehadiran pemilik suara hanya mencapai 188 orang dari 258 orang yang masuk DPT di wilayah TPS tersebut. Padahak ketika pencoblosan serentak TPS ini jumlah kehadiran terdata mencapai 224 orang yang memberikan hak pilihnya

Petugas PPS setempat, mengaku disamping banyak warga yang memiliki hak pilih sudah kembali ke tempat kerja juga karena pemberitahuan yang dinilai lambat.

“Kita Jumat malam baru dapat C6, dan diberitahukan akan ada pencoblosan ulang baru kemarin langsung memberikan undangan pada sabtu (20/4/2019),” katanya mengaku warga yang mendapat undangan kemaren langsung memberikan hak pilihnya hari ini.

Suara sah di TPS tersebut setelah dilaksanakan pemilihan ulang mencapai 185 suara tida sah tiga. Sedangkan di TPS 242 masih di kelurahan Kaliabang Tengah, jumlah DPT 284 yang hadir memberikan hak suara hanya 74 orang dan suara sah setelah dilaksanakan perhitungan berjumlah 71 suara, sedangkan jumlah suara rusak ada tiga kertas suara.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Choirunnisa, mengatakan TPS 166 Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur menggelar pemungutan ulang untuk jenis kertas DPD RI. Menurutnya, dari jumlah DPT 195 yang hadir hanya 93 orang di TPS.

“TPS 166 kelurahan Arenjaya,  DPT 195, pemilih 93, 46 perempuan,  43 laki-laki. TPS ini hanya mencoblos satu kertas suara DPD RI,” ujarnya mengaku awal jadwal ada 6 TPS di Kota Bekasi akan melaksanakan PSL tetapi ternyata satu TPS sudah selesai.(nugie)