Politik

Copot Chairuman dari Pimpinan Dewan, Ini Tanggapan DPD PKS Kota Bekasi

×

Copot Chairuman dari Pimpinan Dewan, Ini Tanggapan DPD PKS Kota Bekasi

Sebarkan artikel ini
DPD PKS Kota Bekasi menggelar konfrensi pers menanggapi dinamika politik di DPRD Kota Bekasi setelah adanya pengajuan pergantian pimpinan dewan, Kamis (3/3/2022) foto Rommo

WAWAINEWS – Akhirnya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bekasi memberikan klarifikasi resmi menjawab perkembangan dinamika politik kekinian terkait dengan pergantian pimpinan DPRD Kota Bekasi.

Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara mengatakan rotasi dalam sebuah organisasi adalah suatu keniscayaan di PKS, merupakan hal biasa.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Hal tersebut disampaikan Heri Koswara Ketua DPD PKS Kota Bekasi dalam keterangan resminya, yang digelar di kantor DPD PKS Kota Bekasi di Kali Malang pada Kamis petang (3/3/2022).

Apakah ada kaitannya dengan keterlibatan aliran dana dari Wali Kota Bekasi non-aktif Rahmat Effendi kepada Ketua dewan Chairuman J Putro yang telah dikembalikan ke KPK senilai Rp200 juta, Heri Koswara menegaskan PKS menghormati proses hukum.

BACA JUGA :  Jajaki Koalisi Pilpres, Zulhas Bertemu Megawati di DPP PDI Perjuangan

“PKS menghargai hukum yang sedang berporses,”ujar Heri Koswara menjawab pertanyaan apakah ada kaitan pergantian Pimpinan Dewan Kota Bekasi yang dilakukan Fraksi PKS ada kaitanya dengan pengembalian uang Rp200 juta.

Ia pun menegaskan bahwa pergantian dalam organisasi Partai PKS adalah sesuatu yang biasa. Ini adalah satu konsekuensi dari Partai PKS yang ingin menonjolkan modernisasi sesuai ADRT Partai.

Sehingga jelasnya rotasi dan pergantian suatu hal bisa saja dan suatu keniscayaan.
Penyegaran lanjutnya dalam organisasi PKS seperti Pimpinan Dewan ataupun lainnya termasuk sebagai alat kelengkapan dewan (AKD). Posisinya sama dengan ketua Komisi, atau lainnya.

“Artinya ga ada yang luar biasa, biasa saja dari aturan ini adalah hak partai untuk menempati pimpinan dewan tadi,”ungkap Heri Koswara mensikapi dinamika politik kekinian yang terjadi di Kota Bekasi.

BACA JUGA :  Adem, Bacapres Anies dan Ganjar Foto Bersama di Jamuan Raja di Mina

“Perlu ditegaskan bahwa dalam pergantian pimpinan DPRD Kota Bekasi DPD PKS hanya menindaklanjuti perintah dari DPP. Surat Keputusan (SK) pergantian tersebut langsung ditandatangani oleh presiden PKS dan Sekretaris Jenderal.

Herkos sapaan akrabnya, membenarkan bahwa sesuai SK DPP PKS bahwa Chairuman J Putro akan digantikan Saifuddaulah, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Komisi I juga sebagai Ketua Fraksi PKS.

Selanjutnya posisi Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bekasi digantikan oleh Sardi Effendi juga sebagai Ketua Komisi IV.