Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Apakah Polio Bisa Sembuh, Begini Penjelasan Ahli

×

Apakah Polio Bisa Sembuh, Begini Penjelasan Ahli

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

WAWAINEWS.ID – Akhir-akhir ini, kasus polio kembali merebak di Indonesia. Tentunya banyak yang bertanya apakah penyakit itu bisa sembuh?

Kasus polio di beberapa daerah mulai ditemukan, salah satunya seperti di wilayah Jabar saat ini sudah ada tiga kasus polio yang dilaporkan di Jawa Barat.

Scroll untuk baca artikel

BACA JUGA: Virus PMK Bikin Penjualan Hewan Kurban Merosot Tajam

Kementrian Kesehatan menyebut polio tipe 2 ini ‘muncul’ di sejumlah negara dalam enam bulan terakhir, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, dan Israel, kemudian Indonesia.

Virus polio adalah yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja.

Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus.

BACA JUGA: Menkes Sebut Warga Indonesia Semakin Kebal Virus Korona

Polio dapat menyerang pada usia berapa saja, hanya saja usia paling rentan terkena polio adalah anak-anak di bawah usia lima tahun. Tapi apakah polio bisa sembuh?

Tdak ada obat untuk polio, yang ada hanya perawatan untuk meringankan gejala. terapi fisik digunakan untuk merangsang otot dan obat antispasmodic diberikan untuk mengendurkan otot-otot dan meningkatkan mobilitas.