Scroll untuk baca artikel
Uncategorized

FTS 2019 Dimulai, Promosi Wisata dan Budaya di Tanggamus

×

FTS 2019 Dimulai, Promosi Wisata dan Budaya di Tanggamus

Sebarkan artikel ini

wawainews.ID, Tanggamus – Festival Teluk Semaka (FTS) 2019, bertempat di wisata Air Terjun Waylalaan, Pekon Kampung Baru Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus resmi digelar.

Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan Cetik (Alat Musik Tradisional Lampung) oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani, selanjutnya berbagai kegiatan akan memeriahkan FTS 2019 hingga empat hari kedepan dari budaya hingga pengenalan potensi wisata.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“FTS 2019 dilaksanakab mulai 17-21 September dengan diisi sejumlah rangkaian acara,”ujar Retno Noviana Damayanti, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata,Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanggamus.

Retno selaku ketua panitia pelaksana  mengatakan bahwa berbagai lomba ikut memeriahkan FTS 2019 meliputi  lomba mewarnai, lomba memancing, promosi produk UMKM dan pasar rakyat. bahkan pada 18 September akan ada gebyar Kuda Lumping di Rest Area Gisting.

Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan Tour D’Semaka di Rest Area Gisting dengan mengeksplore sejumlah tempat wisata seperti air terjun Tirai, lalu diadakan Launching senam ratu di Lapangan Merdeka, dan Parade Perahu Hias di Taman Wisata Muara Indah dan akan di ditutup dengan, Pangan Balak/ Pangan Agung.

FTS 2019 kali ini  mengambil tema “Kebayan Lampung” dengan meng-explore adat istiadat masyarakat Lampung di Kabupaten Tanggamus yang berkolaborasi bersama semua etnis.

“Melalui FTS 2019 diharapkan dapat  mempromosikan wisata yang ada di Tanggamus sehingga lebih dikenal lagi,”tandasnya.

Dia juga berharap melalui event tersebut mampu meningkatkan pendapatan dan perekonomian berimbas langsung kepada masyarakat di sekitar lokasi pelaksanaan.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan bahwa Festival Teluk Semaka (FTS) ini merupakan salah satu event budaya rutin pemerintah daerah setiap tahunnya. Melalui FTS  ingin menyampaikan pesan kepada khalayak, akan keberagaman budaya, kearifan lokal dan sekaligus menyajikan potensi-potensi wisata yang tidak kalah

menariknya dengan destinasi wisata daerah lain yang ada di Provinsi Lampung. “Tentunya kami berharap melalui even ini, pariwisata Kabupaten Tanggamus akan mendapat perhatian,”tukas Bunda sapaan akrab Bupati Tanggamus.(Sumantri)