Ini Cara Menjaga Supaya Tak Obesitas, Nomor 6 Sangat Sederhana

ilustrasi perut
ilustrasi perut

WAWAINEWS - Obesitas banyak jadi dikhawatirkan orang di zaman sekarang. Tapi biasanya kegemukan terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Obisteas atau terlalu kurus bagi yang peduli dengan penampilan membuat mereka melakukan berbagai cara dalam mengatasinya.

Salah satu seperti meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Sebelum mulai program menambah berat badan, periksa terlebih dahulu status gizi dengan menghitung indeks massa tubuh.

Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa berat badan Anda memang kurang, cobalah perbaiki pola makan atau berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk menambah berat badan.

Biasanya berat badan rendah disebabkan
penyakit diabetes, gangguan pencernaan, penyakit kanker, gangguan spikologis, stress.

Selain itu, berkurangnya berat badan juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti diet ekstrem dan efek samping obat-obatan, termasuk kemoterapi dan pil pelangsing.

Kebiasan tertentu, seperti konsumsi narkoba dan minum minuman beralkohol, juga bisa membuat berat badan berkurang drastis. dilansir dari berita Alodokter.

Cara Sehat Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan.

Jika kondisi tersebut bisa diatasi, berat badan pun akan bertambah.

Selain itu, ada beberapa tips menambah berat badan secara sehat dan aman yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi

Untuk menambah berat badan, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

2. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Seseorang yang kekurangan berat badan sering merasa cepat kenyang.

Dibanding makan 2–3 kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering.

3. Konsumsi minuman padat kalori dan nutrisi
Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan.

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.

4. Pilih camilan sehat
Camilan bisa menjadi sumber kalori tambahan yang dapat membantu Anda menambah berat badan.

Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.

5. Tambah asupan kalori
Untuk menambah berat badan, Anda perlu tambahan asupan kalori dalam menu makan sehari-hari.

Disarankan pilihlah sumber kalori tambahan yang sehat, misal dengan taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu pada sup.

6. Minum sesudah makan
Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang.

Nafsu makan akan berkurang dan porsi makan Anda pun menjadi lebih sedikit.

7. Rutin berolahraga
Olahraga secara rutin tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menambah berat badan.

Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak.

Sakit dalam waktu yang cukup lama bisa berdampak pada menurunnya nafsu makan sehingga membuat berat badan turun.

Padahal, pada masa ini tubuh sangat membutuhkan asupan kalori dan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral, agar bisa cepat sehat kembali.

Penulis:

Baca Juga