Scroll untuk baca artikel
AgamaLintas DaerahRagam

Jamaah Calon Haji Usia 119 Tahun dari Pemekasan, Simak Kisahnya!

×

Jamaah Calon Haji Usia 119 Tahun dari Pemekasan, Simak Kisahnya!

Sebarkan artikel ini
Harun bin Senar Jemaah haji Kelahiran 1 Juli 1904 , atau kini usianya mencapai 119 tahun menjadi jemaah haji tertua Indonesia tahun 2023

WAWAINEWS.ID – Harun bin Senar Jemaah haji Kelahiran 1 Juli 1904 , atau kini usianya mencapai 119 tahun menjadi jemaah haji tertua Indonesia tahun 2023.

Nama Kakek Harun menurut Kementerian Agama (Kemenag) menjadi jemaah haji tertua diantara 65 calon jamaah haji yang berusia di atas 100 tahun.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

BACA JUGA: Jemaah Haji Indonesia Diingatkan Tak Bawa Jimat, Ketahuan Hukumnya Berat

Kemenag tahun ini memfokuskan layanan haji 1444 Hijriyah ini kepada 67 ribu jamaah lanjut usia dan disabilitas.

Kakek Harun jemaah usia 119 tahun diketahui berasal dari Dusun Karang Duak, Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura. Nama Harun tercatat sebagai calon haji yang berangkat dari Embarkasi Surabaya dan masuk pada Kelompok Terbang (Kloter) 6. Ia masuk ke asrama haji pada Rabu (25/5), dan terbang ke Tanah Suci pada Kamis (26/5).

Di sekitaran gedung tempatnya transit sehari di asrama haji, Harun mengenakan batik haji Indonesia warna hijau kombinasi ungu lengan panjang, berkopiah hitam kombinasi oranye dan bersarung coklat tua kombinasi garis coklat muda.

BACA JUGA: Pelunasan Biaya Haji Reguler Dimulai, Simak Disini Besaran Setiap Daerah!

Saat diajak berbincang oleh ANTARA, Harun lebih banyak tertunduk. Karena faktor usia, pendengarannya sedikit terganggu. Komunikasinya juga hanya bisa menggunakan Bahasa Madura.

“Kakek Harun tidak bisa Bahasa Indonesia. Ngomongnya juga agak sedikit keras agar beliau dengar,” ujar Musdi, yang Bahasa Indonesianya tidak terlalu lancar.