Scroll untuk baca artikel
Lingkungan HidupZona Bekasi

Puluhan Ton Sampah Diangkut dari Kampung Galian

×

Puluhan Ton Sampah Diangkut dari Kampung Galian

Sebarkan artikel ini

WAWAINEWS – Aliran Kali Bekasi Srengseng Hilir (BSH) wilayah Utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berhasil diangkut. Hamparan sampah tersebut mengganggu aliran kali Bekasi.

Hamparan sampah tersebut terjadi tepat di Kampung Galian Desa Jaya Bhakti berbatasan langsung dengan Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi.

Scroll untuk baca artikel

Penyumbatan itu membuat air yang tergenang berwarna hitam dan mengeluarkan bau tak sedap. Bahkan dari sampah yang berhasil diangkut terdapat beberapa karung buru ayam.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) wilayah II Kabupaten Bekasi, Sumardi mengatakan pihaknya sudah menerjunkan petugas hingga alat berat dan belasan truk untuk mengangkut sampah yang menyumbat.

Pihak UPTD Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi menyiapkan 15 truk pengangkut dan sampah berhasil diangkat lebih dari 50 ton.

UPTD II, bahkan harus menerjunkan team inti untuk mengurangi sampah di air dengan menerjunkan Tim Biawak.

“Kami menurunkan sebanyak 15 armada truk, dan satu alat berat dari SDA, lalu dari hulunya ada kegiatan dari TPOP ada satu alat berat di sana dan di hilirnya diproses juga,” kata Sumardi kepada wartawan, Rabu, 3 Agustus 2022.

Sumardi menyatakan, petugas juga diterjunkan untuk melakukan penyisiran di aliran kali guna membersihkan titik-titik yang tersumbat oleh sampah.

Menurutnya tumpukan sampah di aliran kali didominasi oleh sampah domestik rumah tangga.